Helikopter Siluman


Layaknya operasi tertutup, banyak detail yang hanya bisa dikira-kira oleh khalayak. Di antaranya kehadiran helikopter “siluman” yang menimbulkan spekulasi di antara pengamat perkembangan pesawat militer.

Sejauh yang diketahui, ada dua helikopter yang mengangkut 23 personel dan seekor anjing, menyerbu ke kompleks Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei. Kedua heli ini diperkirakan bukan helikopter standar melainkan merupakan helikopter MH-60 Black Hawk yang dimodifikasi menjadi stealth (siluman). Terutama memiliki kemampuan untuk mengurangi suara, dan jejak inframerah atau radar.

Perkiraan ini berdasarkan temuan yang tampak pada salah satu helikopter yang jatuh di dalam kompleks hunian bin Laden. Pada reruntukan helikopter yang disebut-sebut media sebagai Silenthawk tersebut, masih cukup jelas terlihat bentuk tailrotorhelikopter bersangkutan. Kalau mau berspekulasi, kemungkinan Sikorsky sebagai pembuat Black Hawk ikut ambil bagian dalam “menciptakan” helikopter siluman untuk Operasi Neptune Spear. Kemungkinan Sikorsky tidak sendiri dalam proyek ini, melainkan bekerjasama dengan AD AS dan Lockheed Martin. Teknologinya? Paling mungkin mengembangkannya dari proyek helikopter pengintai siluman RAH-66 Comanche yang sudah dihentikan.

Selain Silenthawk, banyak spekulasi yang menyebutkan kehadiran helikopter misterius. Diasumsikan helikopter tersebut dari varian twin-rotorMH47 Chinook. Sebagaimana Silenthawk, helikopter ini diyakini berbasis siluman dan dioperasikan oleh satuan yang sama, yakni 160th Special Operations Aviation Regiment.(don)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: