The World’s Most Shocking, Covert Operations


DELAPAN OPERASI TERSELUBUNG PALING MENGGEGERKAN

Angkasa Edisi Koleksi No.75, 15 October 2011

“Ketika Benny dan timnya sedang menyusuri sungai, sejumlah pasukan SAS Inggris sudah menunggu di seberang, di tempat tinggi yang strategis. Sniper SAS bisa melihat sosok Benny dengan jelas, tetapi semua senapan tidak menyalak…”
(Operasi Penyusupan ke Serawak, Dwikora, 1964)

Ketika negara Federasi Malaysia siap dibentuk pada 1964, Bung Karno langsung meradang. Di matanya, negara ini dianggap melanggar kesepakatan KTT Manila. Untuk menggagalkannya, operasi rahasia untuk mendukung gerakan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Serawak dan Sabah pun digelar. Panglima AD Letjen Achmad Yani segera menugaskan Mayor Benny Moerdani yang pernah berhasil memimpin gerilya dalam Operasi Trikora. Operasi penyusupan ke Serawak yang dipimpin Benny Moerdani selanjutnya tercatat sebagai covert operation paling berbahaya.
Dahulu, membuka tabir operasi intelijen adalah tabu hukumnya. Tetapi lain kini. Satu per satu tabir rahasia disingkap atau tersingkap dengan sendirinya. Operasi pembunuhan preman atau gali yang terkesan misterius pada 1980-an, misalnya, meski beberapa kali ditepis Presiden Soeharto, akhirnya diungkap. Operasi rahasia yang digelar SEAL Team Six untuk membunuh Osama bin Laden, bahkan langsung dipublikasikan hanya sehari setelah sasaran terbunuh. Kisah-kisah di seputar operasi rahasia selanjutnya menjadi ajang pengakuan bagi kepiawaian para pelakunya.

Dalam Edisi Koleksi Angkasa The World’s Most Shocking Covert Operations: Delapan Operasi Terselubung Paling Menggegerkan ini, Anda akan kami ajak menyingkap operasi intelijen yang masyhur di dunia. Selain operasi penyusupan ke Serawak, pembunuhan preman, dan Neptune Spear, kami juga ketengahkan operasi pemburuan si Jagal dari Praha, penculikan Adolf Eichmann, penjualan senjata ilegal ke IranIrak, pembuatan senjata kuman di Jepang, beralihtangannya virus H5N1 Indonesia ke laboratorium Los Alamos, dan masih ada beberapa lainnya. Jangan lewatkan edisi eksklusif ini!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: