When The Cobra Bites


Huey Hog atau Heavy Hog.Itulah dua julukan populer yang muncul dianatar segudang nickname yang melkat pada varian gunship heli UH-1 di Vietnam. Dari segi persenjataan, paling lengkap.Mulai dari hidung, bisa ditanam kubah pelontar  granat otomatis M-75 kaliber 40 mm.Selanjutnya bergerak ke bodi samping, kanan dan kiri.

Untuk bagian ini tergolong seru.Pilihannya mulai dari kotak pelontar roket XM-3 kaliber 2,75 inci, tabung roket XM-158, XM-200 hingga senapan mesin dalam beragam variasi laras. Untuk mendongkrak fleksibilitas  daya hantam, pada pintu bisa pula dipasang senapan mesin yang dioperasikan gunner. Melongokke dalam kokpit, untuk varian gunship, bisa dipergoki piranti pengincar (sighting system) M-21. Bila tak digunakan alat ini bisa dilipas ke atas. Terakhir bagian kursi awak heli umumnya dilapisi pelat metal tahan peluru.

Paparan tadi barulah pesenjataan versi standar.Masuk akal untuk dipasang.Di luar itu, unit penerbangan AD AS juga bereksperimen dengan senajata aneh bin ajaib.Satuan 173 rd Aviaton Platoon misalnya pada tahun 1966 pernah memeasang sistim pembuang peluru mortir kaliber 81 mm.Ini artinya sama saja menyulap Huey menjadi heli pengebom.Apa yang dilakukan 242nd Chemical Platoon juga tak kalah unik.Mereka merombak heli ini agar bisa menyemprotkan senjata kimia.Untuk itu sebuah tangki berisi gas air mata dijejalkan ke dalam kanbin heli.

Kurang lincah

Boleh saja beragam cara ditempuh baut menyulap Huey agar mampu melaksanakan operasi bantuan tembakan udara.Patut diingat, heli ini sejak awal bukan didesain sebagai platform pelontar senjata.UH-1 terlahir sebagai wahana pengangkut.Wajar kalau heli ini punya  sejumlah kelemahan. Mulai dari kelincahan  manuver hingga hingga kemampuan bodi menahan hantaman tembakan lawan.

Masih dalam situasi perang, pabrikan Bell Helicopter berupaya mengatasi segala masalah tadi dengan menciptakan heli tempur.Racikan anyar ini diberi label Bell Model 209 Huey Cobra.Dikemudian hari heli ini lebih dikenal dalam kode militernya AH-1 Cobra.

Namaya juga barang baru, tentu saja ada sejumlah pembenahan.Kelincahan manuver, misalnya didongkrak dengan desain bodi ramping bak pesawat pemburu. Untuk mengoperassikannya hanya dibutuhkan duas awak dengan konfigurasin depan-belakang.Keduanya dilindungi balutan metal tahan peluru.Lapisan serupa juga diaplikasikan pada bagian-bagian vital heli.Walaupun sososknya  benar-benar gress tapi urusan jeroan, terutama bagian dapur pacu, setali tiga uang dengan Varian UH-1 Huey.Ini merupakan taktik Bell mempermudah perawatan di lapangan.

Soal persenjataan, terobosan paling menonjol dipergoki pada sepasang sayap kecil yang tertanama di kanan kiri bodi.Bukan hanya mendongkrak daya angkat, komponen ini sekaligus berfungsi sebagai cantelan senjata.Sama dengan Huey, pilihannya bisa beragam.Mulai dari roket, tabung senapan mesin/kanon hingga rudal antitank.

Dari sekian banyak opsi, ada satu kelebihan milik cobra.Bagian dagu heli dilengkapi kubah aktif senapan mesin.Pkaliber 7,62 mm.Pada varian Vietnam AH-1G, bagian ini dihuni senapan mesin multilaras mini.Tipe yang dipakai GAU-2B/A kaliber 7,62 mm.Daya tembak senjata ini tergolong dasyat.Untuk ukuran satu menit, senjata bisa melontarkan hingga 4.000 butir peluru.Gigitan Cobra makin mematikan lagi.Pasalnya, bagian kubah bisa pula dipasangi pelontar granat otomatis M129 kaliber 40 mm sebagai kombinasinya.

Combat Proven

Unit penerbangan AD AS mulai menggelar varian AH-1G di Vietnam pada September 1967.Satuan pertama yang mengoperasikannnya adalah 1st Platoon, 334th Armed Helicopter Company,”The Play Boys”.Tak sampai sebulan kemudian, Cobra langsung diterjunkan dalam aksi tempur mengawal Huey.Namun itu baru awal kiprah di Vietnam.Saat utara melancarkan serbuan “Tet Ofensif”, Cobra dan Varian gunship UH-1 jadi elemen udara penangkal utama paling dominan.Maklum, hampir semua pangkalan udara militer diinyatakan tertutup waktu itu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: