Penghantam dari Samudera


Upaya AS menghantam target-target strategis di Utara maupun operasi bantuan tembakan udara di Selatan tak hanya dilakukan dari pangka;lan di darat saja. Ketika Pentagon memutuskan resmi turun tangan di kawasan Indocina, mereka juga menggelar sejumlah kapal induk sebagai platform terapung bagi armada pesawat tempur. Porsi tugas, sekitar 53 persen sorti yang digelar selama perang dilakukan pilot-pilot AL. Sedang sisanya diambil AU AS.

Task Force 77 begitulah nama satuan yang digelar di medan perang.Satuan ini terdapat 125 jenis kapal perang plus 64.000 personel.Soal penempatan,AS membaginya dalam dua bagian.Yankee Station adalah armada yang ditempatkan di Tewluk Tonkin, sekitar 320 km dari hanoi dan Pelabuhan Haiphong.Tugasnya menghantam target di Vietnam Utara.Sedangkan Dixie Station, posisinya berada di Laut Cina Selatan, sekitar 160 km dari Cam Ranh Bay, bertanggungjawab mendukung operasi militer di wilayah Vietnam Selatan.

Dek besar dan kecil

Khusus untuk kapal induk, AL AS setidaknya pernah mengerahkan 5 kelas kapal induk.Mulai dari kapal induk bertenaga konvensional sampai nuklir.Bila disimak dari kapasitas, armada kapal induk yang dikerahkan  bisa dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah kapal induk berdek kecil dari kelas Essex macam USS Ticonderoga (CVA-14) dan USS Oriskany (CVA-34).Umumnya kapal eks PD ini bisa menampung sekitar 60 pesawat meliputi dua skadron sergap (fighter) dan tiga skadrons erang (attack).Diawal konflik umummya pesawat yang dipakai adalah buru sergap Vought F-8 Crusader. Sedangkan elemen penyerang  merupakan kombinasi antara Douglas A-4 Skyhawk dan A-1 Skyraider.

Golongan kedua adalah kapal induk berdek lebar.Ada beberapa kelas diantaranya Midway, Forrestal, Kitty Hawk dan Enterprise.Untuk yang terakhir disebutkan kapalbertenaga nuklir.Lantaran punya dimensi gede maka wajar kapasitas angkutnya lebih besar sekitar 80 hingga 90 pesawat.Urusan komposisi juga terbilang lengkap.Ada 2 skadron buru sergap berkekuatan jet MMc Donnell F-4 Phantoom II Plus 4 skadron perang.Khusus untuk satuan perangtipe pesawatnya beragam.Mulau dari jet ringan Skyhawk hingga jet serang berat Douglas A-3 Skywarrior dan North American A-5 Vigilante.

Seiring makin meningkatnya tensi pertempuran di Vietnam, pihak AL mlai mengganti beberapa tipe pesawat tempur yang dipakai.Ini artinya komposisi skadron di kapal induk, khususnya yang berdek lebar akan berubah.Hitungannya meliputi 2 skadron buru sergap Phantoom II, 2 skadron serang  dengan kekuatan jet Vought A-7 Corsair II dan satu skadron serang segala cuaca berintikan jet Grumman A-6 Intruder.

saat evakuasi bersar-besaran di Saigon terjadi tahun 1975, AS untuk pertama kali menggelar kapal induk nuklir, USS Interprise (CVN-65).Di atas geladaknya juga nongkrong pencegat generasi baru Grumman F-14 Tomcat.Walau hanya ditugasi sebagai penjaga, perang Vietnam merupakan penampilan perdana “si kucing galak” dalam medan tempur sesungguhnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: