Bom Laser Pertama Untuk Doumer Bridge


“Mereka menemukan sebuah jembatan penting di sebelah selatan.Nama jembatan itu Doumer Bridge…” lapor seorang pilot mengenai target yang akan dihancurkan. DB (Doumer Bridge) merupakan jembatan di Hanoi yang dibangun Perancis. Nama DB diambil dari Paul Doumer, Gubernur Jenderal Indocina (1897-1902 dan Presiden Perancis (1931-1932).Hari itu, 10 Mei 1972, Wolf Pack, angkatan udara dari 8th TWF tiba di atas jembatan sambil membawa bom berpemandu laser dan elektro optik.Kapten Thomas Messet,salah satu pilot yang ikut dalam penyerangan itu.

Dari Kokpit F-4D Messet tengah melihat dengan jelas DB sepanjang 1.680 m yang kemudian hari namanya diubah menjadi Long Bien Bridge. Messet dan Wingman mengatur posisi. Mereka kemudian melakukan  rolling agar bom yang dilepaskan tepat masuk kedalam kerucut ruang udara (cone of airspace) yang dibuat Paveway Laser designator dari pesawat leader. Messet dan kawan-kawan harus  hati-hati, karena bom pintar yang akan mereka lepaskan belum pernah digunakan di wilayah utara.

Dari ketinggian 14.000 kaki atau 4.720 m MessF-4C recce Phantomet melepaskan Paveway.Bom berhulu ledak Mk-84 ini meluncur dan kemudian menghancurkan siku-siku jembatan.Di pesawat lain, RC-4C recce Phantom, pilot Sid Rogers dan Don Pickard terbang menyusur Route Packagew Six agar bisa memotret hasil penyerangan Messet dengan baik.Selain memotret, keduanya juga waspad bilaman MiG atau rudal SAM menyergap tiba-tiba.Benar saja, tidak lama berselang MiG-17 muncul.Pickard “lari” sekecang-kencangnya sambil tak lupa memotret MiG itu terlebih dahulu.

Pickard sukses menjalankan misinya.Namun dalam perjalanan pulang, pilotnya sadar kalau sesuatu hal terjadi pada sayapnya.Sayapnya bocor dan bahan bakar mulai mengalir pelahan keluar.Kebocoran sayap bukan karena tembakan MiG, akan tetapi karena ada kesalahan tehnis saat pesawat diperbaiki di darat.

Pickard berpikir cepat.Lalu dipilihnya pqangkalan udara di Nam Phong.Ia berjuang menerbangkan pesawatnya dengan satu mesin untuk sampai ke landasan.Beruntunglah Phantom memang punya kemampuan terbang satu mesin.Sebelum mendarat, tiba-tiba kerusakan terjadi pada kokpitnya.Sistem de-fog mengalami kebocoran hingga kanopi pesawatnya tertutup embun es.Pickard benar-benar tidak bisa melihat landasan.

Melalui bantuan komunikasi dengan pengatur lalu lintas udara dan wingman, Pickard berhasil juga mendaratkan Phantom.Misi tanggal 10 Mei itu memberikan kesan tersendiri bagi Pickard maupun pilot pengebom Messet.

Skyhawk  vs   MiG

Peristiwanya tanggal 1 Mei 1967.Lt.Cdr Theodore R Schwartz dari Skadron VA-76 Spirit terbang dari kapal berdek kayu Bon Homme Richard menuju wilayah Vietnam Utara.Seperti biasa, kedatangannya disambut oleh rentetan rudal SAM, pesawat MiG dan senjata antiserangan udara Triple-A.Namun Schwartz berhasil lolos.Dia mencoba menerobos hingga  di atas landasan Kep.Dilihatnya sebuah MIG-17 di sana.Segera saja ia meluncurkan roket dari A-4C-nya.Tembakannya mngenai sasaran.MiG itu hancur menjadi kepulan api dan asap.Tembakan Schwartz merupakan pembalasan yang sangat manis.Begitu kata teman-temannya.Seminggu sebelumnya, sebuah A-4 dengan pilot Ira Levi berhasil ditembak jatuh oleh pilot MiG.Dua tahun kemudian, ketika pesawat A-4C diboyong ke kapal baru USS Indepedence, kemenangan Schwartz masih juga dirayakan.

Crusader    vs    MiG-21

Tanggal 9 Oktober 1966 merupakan tanggal penting bagi AL AS dalam perang Vietnam.Hari itu merupakan tanggal kemenangan pertama pilot AL AS dengan berhasil menembak jatuh MiG-21 di udara. Komandan Richard Bellinger, skipper Superheats VF-162 dari USS Oriskany (CVA-34) yang terbang dengan F-8E Crusader berhasil melakukannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: