Jagdgeschwader 54 (JG 54), Satria Terbang “Berhati Hijau”


Jagdgeschwader 54 (JG 54) merupakan salah satu dari sekian banyak satuan Luftwaffe yang pernah mendulang prestasi selama PD II. Punya julukan Green Heart (Grunherz), sukses JG 54 dimulai dari pertempuran udara di Selat Inggris. Pada musim gugur 1941 satuan ini digeser ke Front Timur melawan kekuatan udara Rusia.

Ada cerita unik dibalik berdirinya JG 54. Satuan yang kerap menempeli tubuh pesawat dengan lambang jantung hati berkelir hijau itu dibentuk dari tiga unit pemburu Luftwaffe yang tercecer dalam Battle of Britain. Soal tampilan, juga sama uniknya. Jagdgeschwader 54 kondang sebagai satuan yang jarang menerapkan skema kamuflase standar AU Jerman Nazi bagi armada pesawatnya.

Dengan segala keunikan tadi berhasil membawa nama JG 54 sebagai salah satu satuan tempur jempolan milik Luftwaffe selama PD II. Bukan hanya diukur dari sosok dan kemampuan pesawat, juga berkat keandalan awaknya. Setidaknya bisa dibuktikan dari jumlah aces yang dilahirkan. Tercatat JG 54 menelurkan sedikitnya 100 pilot tempur bergelar ace. Dari jumlah itu, ada dua nama yang dianggap paling menonjol yaitu Otto Kittel dan Walter Nowotny.

Oberleutnant (setara letnan) Otto “Bruno” Kittel berhasil mengantongi skor 267 pesawat lawan. Prestasi ini sekaligus menobatkan Kittel sebagai ace keempat terbesar dalam sejarah penerbangan. Prestasi Major Walter “Nowi” Nowotny juga tak kalah hebat. Diatas kokpit pemburu Bf-109F/ G, Fw-190A-4 dan terakhir jet Me 262 (satuan Kommando Nowotny), Nowotny berhasil merontokkan 258 pesawat lawan.
Sayang, kedua bintang udara itu tak pernah bisa menghirup udara bebas setelah perang usai. Kittel gugur Februari 1945, saat berusaha menyerbu formasi delapan pengebom Ilyushin 11-2 Shturmovik AU Rusia. Fw 190A-8 Black-1 yang diawaki terbakar hebat dan jatuh di wilayah Dzukste, Kurland setelah menerima hujan tembakan balasan dari armada 11-2.

Nasib yang dialami Nowotny lebih ironis lagi. Dianggap sebagai pilot jagoan sekaligus mesin propaganda Nazi, Goring memanggilnya kembali ke Berlin. Alasan pemanggilan ini cuma satu. Sang Fuhrer takut kehilangan alat propaganda itu. Namun Nowotny tak bisa selamanya hidup tenang digaris belakang. Armada udara sekutu yang kian merengsek membuat dirinya mesti beraksi kembali ke garis depan. Kali ini pria keturunan Austria itu ditugasi memimpin armada jet Me 262 dibawah label satuan Kommando Nowotny. Berbekal pesawat canggih ternyata tak lantas membuat kiprahnya secemerlang saat bergabung dengan Jagdgeschwader 54. Ia cuma mampu membukukan tiga pesawat lawan.

KOMMANDO NOWOTNY- Selain Focke Wulf, Nawotny pernah pula diberi kepercayaan memimpin skadron Me-262. Satuan berlabel asli Erprobungskommando 262 ini selanjutnya kerap disebut dengan Kommando Nowotny.

Kenyataan tadi membuat para pilot jagoan (experten) Luftwaffe mencibirnya. Tak kurang pula orang nomor satu satuan pemburu, General der Jagdflieger Adolf Galland yang ikut mencap Nowotny tak mampu beradaptasi dengan Me 262. Panas mendengar berita kurang sedap, pada 8 November 1944 is nekad menerbangkan Me 262A1a “White 8”, menyongsong armada pembom AS. Kabarnya pesawat yang diterbangkannya saat itu dalam kondisi tak ayak terbang. Ada satu kalimat yang sempat diterima tower sebelum White 8hilang. “I’m burning! My god, my god! I’m burning!”

Nasib Jagdgeschwader 54 diakhir perang tak beds jauh dari gambaran karir kedua pilot idolanya tadi. Ketika pasukan Merah mulai merengsek Berlin, posisi satuan ini terjepit di Semenanjung Courland. Tak ada satupun titik yang bisa dijadikan celah jalur suplai logistik. Pada 8 Mei 1945 menandai berakhirnya kiprah JG 54. Sebagian besar sisa awak memakai 50 unit Fw 190 yang ada untuk evakuasi ke Jerman atau wilayah netral di Swedia. Se-lama perang Jagdgeschwader 54 merontokkan total 9.500 pesawat. (avi)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: