Trio Surveiller


Walau teramat jauh dari cukup, TNI juga menyimpan sejumlah pesawat intai. Dari segi teknologi, kebanyakan sudah lawas. Bahkan armada patmar (patrol” maritim) TNI AL, guyonan para penerbang hanya mengandalkan “darto” alias radar moto (mata).

CN-235-200 MPA

CN-235-200 MPA

Kalau Cost Guard AS memilih CN-235, tentu bisa jadi jaminan pesawat ini mumpuni. Sayang, TNI AU atau TNI AL urung mengoperasikannya. Padahal pesawat ini sudah sempat dipertontonkan dalam Indonesia Air Show 96. Di kabin ada tactical coordinator console, mission avionic rack, sensoroperatorconsole, link-Y, serta observer station. Mengusung dua mesin General Electric CT7-9C, MPA mampu terbang 8 jam.
Kecepatan patroli                        : 314 mk/jam
Panjang lepas landas                  : 1.980 m
Jangkauan terbang                      : 1.000 Nm
Berat maksimum lepas landas : 16.000 kg
Jenis misi                                         : anti-surface vessel, anti-surface watch/surveillance, anti-submarine warfare, fisheries patrol, cost guard, surveillance and reconnaissance, search and rescue

N-22B Searchmaster

Nomad N-22B Seachmaster

Pusing memikirkan mau diapakan peralatan bekas proyek Mirage akhir 1960-an, Government Aircraft Factory (GAF) akhirnya menemukan jawabnya. Mesin-mesin itu bisa digunakan untuk membuat pesawat STOL yang tangguh. Jadilah Proyek N yang menghasilkan prototipe 01, yang belakang dikenal sebagai N-22. Pesawat ini terbang perdana 23 Juli 1971. Dari nama Aborigin, entah bagaimana jadi Nomad.
Panjang                                             :12,56 m
Tinggi                                                 : 5,52 m
Bentangan sayap                           : 16,46 m
Kecepatan jelajah                         : 311 km/jam
Ketinggian                                       : 6.860 m
Jangkauan terbang                      : 1.352 km
Berat maksimum lepas landas : 3.855 kg Kru misi    : 6

B737-200 2X9

Boeing B737-200 2X9

Dikembangkan dari basis B737-200, surveiller ini jadi kebanggaan Indonesia. Karena hanya Indonesia yang punya. Radar SLAMMR dipunggungnya mampu menjejak target sejauh 185 km dari ketinggian 30.000 kaki (9.150 m). Versi anyar B737-700 dimodifikasi AU Australia jadi pesawat komando dan kontrol dengan nama Wedgetail.
Panjang                                              : 30,48 m
Tinggi                                                  : 11,28 m
Bentangan sayap                            : 28,35 m
Kecepatan jelajah                          : 927 km/jam
Ketinggian                                        : 9.200 m
Jangkauan terbang                       : 4.818 km
Berat maksimum lepas landas : 52.391 kg
Panjang SLAMMR                         : 4,87 m
Kru misi                                            :12

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: