Lockheed SR-71A 01-8, 9th SRW, Kadena


Kadena adalah pangkalan pertama SR-71 Blackbirds. Bari sini ia terbang ke Vietnam Utara, Korea, Cina, hingga Timur Jauh Soviet. Pesawat bernomor 64-17978 merupakan pesawat pertama dari tiga yang dioperasikan. Terbang dari Beale menuju Okinawa pada 8 Maret 1968. Setelah mengantongi 300 jam terbang, ia pulang kandang September tahun itu juga. Berkat prestasinya tadi, SR-71 lantas menyandang predikat “andal operasi”.

Toh itu tak bisa bertahan lama. Tahun 1972 kedua generator pesawat rontok ketika melayang di wilayah udara Vietnam Utara. Pesawat mendadak lumpuh dan terbang di ketinggian 45.000 kaki. Nasib sial tak berhenti begitu saja. Mulai dari hentakan hebat yang membuat pilot pingsan, sampai keluar landasan. Itulah kejadian yang menimpa selanjutnya. SR-71 punya logo kepala kelinci (playboy) pada sayap vertikal. la mendapat julukan Rapid Rabbit. (avi)

Rudder
Rudder pada SR-71 bisa digerakkan seluruhnya (all-moving). Pada kecepatan rendah, bagian ini bisa bergerak 20 derajat baikarah kanan maupun kiri. Tapi ketika pesawat dihela hingga angka diatas Mach 0,5 maka kemampuan tadi dibatasi hanya sekitar 10 derajat saja.

Hidrolik
Tiap mesin bertanggung jawab untuk mengoperasikan dua sistem hidrolik. Mesin kiri (beracuan tangan kita-red) terdiri dari sistem hidrolik A dan L. Sementara mesin satunya adalah inti penggerak sistem hidrolik B dan R.

Skema warna
Secara teknis SR-71 dilabur dengan warna untuk meminimalkan pantulan gelombang radar lawan. Dengan nuansa hitam legam, lapisan ini juga berguna untuk mengurangi panas disekujur tubuh pesawat hingga 30 derajat dalam kecepatan dan ketinggian operasional. Lambang-lambang serta tulisan yang bertebaran mengaplikasi warna spesial. Baik itu yang bernuansa merah, putih, maupun biru, semuanya berformula khusus. Dengan demikian ketiga kelir tadi akan tahan dari perubahan suhu secara ekstrem.

Elevon
SR-71 punya empat bagian elevon. Ketika terbang pada kecepatan rendah bagian ini bisa digerakkan dengan patokan khusus. Elevon bagian dalam bisa digerakkkan ke atas sebesar 35 derajat dan 20 derajat ke bawah. Sementara elevonluar hanya bisa bergerak ke bawah sebesar 35 derajat. Bila kecepatan mencapai angka lebih dari Mach 0,5 maka semua gerakan tadi dibatasi hingga tujuh derajat saja.

Perekam misi
SR-71 dilengkapi juga dengan sistem perekam misi yang dilabeli dengan MRS (Mission Recorder System). la bisa merekam semua komunikasi, aktifitas sensor, dan data navigasi. Alat ini tergolong banyak manfaatnya. Selain berguna ketika pesawatjatuh, MRS juga bisa jadi patokan bagi parateknisi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi ketika SR-71 terbang.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: