Serbuan ke San Carlos


Operasi militer pasukan Inggris ke pantai San Carlos yang berlokasi di sebelah, Falkland, merupakan serbuan amfibi dalam jumlah besar. Setidaknya 4.000 marinir dilibatkan dalam pendaratan. Kekuatan yang diturunkan antara lain 3 Commando Brigade Commander terdiri dari 40 Cdo RM, 42 Cdo RM, 45 Cdo RM, 29 Cdo Regt RA, 59 Ind Cdo Sqdn RE, Cdo Logistik, 2 Para, 3 Para, 22 SAS Regt, 3 Cdo Bde Sqdn, 9 Gazelles, 9 Scouts serta pasukan gunung Mountain dan Artic Walfare Cadre.

Ribuan pasukan itu diangkut kapal USS Canberra, fery Europe dan Northland serta didukung oelh sejumlah kapal perang seperti HMS Anrim (D18), HMS Ardent (F184), HMS Argonaut (F56), HMS Brilliant (F90), HMS Broadsword (F88),HMS Playmouth (F.126) dan HMS Yarmouth (F.101). Sedangkan kapal pendarat amfibi yang bertugas menurunkan tank, marinir dan perangkat tempur lainnya mencakup kapal penyerbu HMS Fearless (L10), HMS Intrepid (L11),RFA  Fort Austin (A380), RFA Stromness (A344), RFA Sir Galahad (L3005), RFA Sir Geraint (L3027), RFA Sir Lancelot (L3029), RFAS Sir Percivale (3036) dan RFA Sir Tristarm (L3505).

Perairan San Carlos yang berarus tenang terletak di sebuh lembah dan pada ketinggian 800 m diatas permukaan laut. Disini terdapat dataran tinggi Fanning Head, tempat pasukan Argentina membangun pertahanan.Untuk mengantisipasi tembakan meriam  dan mortir ke arah Flanning Head, inggris membuka serangan dengan meluncurkan dua kapal serang Wessex yang bersarang di kapal Antrim. Selanjutnya disusul dengan gempuran senapan mesin berat dan tembakan meriam kapal. Mendapat serangan beruntun, pasukan Inggris  berhasil melumpuhkan pertahanan Argentina  di Flanning Gead yang minim pengalamaman langsung kelabakan.

Perintah untuk menyerah langsung segera dikumandangkan awak Wessex, ketika melihat pasukan Argentina yang bertahan tak sanggung memberikan perlawanan berarti. Namun Argentina yang sudah kewalahan, belum menyerah.Dalam waktu singkat gempuran sapuan Inggris akhirnya berhasil melumpuhkan pertahanan Argfentina dan Fanning Head pun jatuh.

Dengan lumpuhnya pasukan Argentina yang mempertanahkan pintu gerbang  San Carlos, operasi pendaratan pasukan Inggris makin berjalan lancar. Pertahanan dilakukan lewat laut dan udara sekaligus.Pendaratan tersebut membuat pasukan Argentina kebingungan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, satuan-satuan tentara   Inggris berhasil mendarat dan menguasai 3 lokasi pantai strategis di perairan San Carlos. Tanpa membuang waktu satuan terus bergerak maju dan berhasil menguasai pertahanan strategis seperti sussex mountaint, Darwin, pelabuhan San Carlos dan Aja Bay.

Pertempuran dari sisa garnisun Argentina ternyata memakan korban juga. Ketika sebuah Sea King Inggris berusaha mengejar sisa tentara Argentina yang melarikan diri ke arah Timur, sempat dihujani tembakan dari bunker senapan mesin. Sea King berhasil lolos dari tembakan, tapi sebuh helikopter Gazalle yang datang menyusul justru terhantam tembakan.Heli yang berasal dari Skadron CFit3CBAS itu akhirnya meluncur jatuh dan melukai pilotnya. Beberapa menit kemudian satu lagi Gazelle tertembak jatuh dan menewaskan seluruh awaknya.

Serangan udara yang dilancarkan AU Argentina sempat membuyarkan pendaratan persenjataan Inggris.Tepatnya saat sejumlah meriam lapangan 105 mm milik Resimen 29 Cdo Regt RA dan 4 Field dan Reg RA diturunkan.Gempuran udara FAA Argentina mengakibatkan penggelaran senjata berat itu tertunda. Berkat dukungan pesawat tempur Inggris  yang kemudian datang menghadang, penggelarangan senjata berjalan lancar. Kini posisi Inggris di San Carlos benar-benar mantap. Namun posisi kapal kapal perang yang sedang bersandar masih rawan gempuiran udara. Apalagi sebagian besar kapal perang Inggris masih bersandar di perairan San Carlos.

Posisi dan formasi kapal perang Inggris yang masih dalam bentuk berkumpul dan berlokasi di tempat yang mirip lembah itu, memang sedang ditunggu oleh FAA. Tak berapa lama kemudian, sejumlah serangan udara mulai dilancarkan dengan taktik terbang menghindar radar. Kapal perang yang menjadi korban bom-bom FAA antara lain HMS Ardent, HMS Antelope dan Conveyor. Sedangkan kapal perang yang mengalami kerusakan berat adalah HMS Broadword, HMS Argonaut dan HMS Brilliant.

uniknya, banyak bom yang tidak meledak karena pemicunya belum aktif saat menyentuh sasaran.Kelemahan bom 1.000 lb yang dijatuhkan pada ketinggian rendah dan tidak meledak itu justru menjadi kritikan bagi Inggris. Banyak petinggi Inggris malu karena bom produksinya ternyata kurang ampuh. Namun pasukan Inggris tetap bersyukur sebab jika semua bom yang dijatuhkan  FAA meledak,kerugian yang dialami Inggris akan sangat luar biasa. Yang jelas tenggelamnya sejumlah kapal perang Inggris telah m tentara Argentina embuat perang Falkland makin memanasdan suhu politik di London turut  meninggi.

Pertempuran di San Carlos yang menunjukkan perlawanan Argentina kurang tangguh tak hanya berkecamuk di seputar perairan saja. Di pantai darwin, sebanyak 500 pasukan Inggris dilengkapi senapan mesinGPMG, tiga pucuk meriam artileri 105 mm, tim penyapu ranjau, detasemen rudal, dan didukung frigate Arrow serta kapal induk Hermes ditugaskan untuk menghancurkan pertahanana Argentina yang berkekuatan 1.000 personel.

Perlawanan tentara Argentina yang bertahan di Camilia Creek berlangsung cukup alot.Ketika malam tiba, posisi pasukan Inggris yang terbiasa bertempur malam hari, mengalami kemajuan. Inggris melancarkan serangan pada malam hari dengan mengerahkan heli tempur dan tembakan meriam pantai secara perlahan berhasil menguasai Camilia Creek sekaligus membuka jalan bagi pasukan Para untuk memasuki medan perang Goose Green.

Menjelang petang, semua kekuatan Argentina di Goose Greeen berhasil disapu bersih pasukan Inggris. Korban yang menimpa pasukan Inggris  terdiri dari 15 tewas dan 40 pasukan Para terluka. Di pihak Argentina, sekitar 1.000 tentara sipaksaa menyerahkan diri kepada Mayor Keeble.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: