GURKHA, The Great Britain Special Force


Dari Dataran Tinggi Nepal Bertempur Untuk Inggris

Angkasa Edisi Koleksi No.74, Agustus 2011

Meski enggan memuji secara berlebihan, tentara Inggris mengakui benar keberanian luar biasa orang-orang Gurkha yang bertempur untuk Kerajaan Inggris. Keberanian tersebut di antaranya bisa digambarkan dari kesigapan Lalbahadur Thapa yang berhasil merebut pos senapan mesin musuh di Tunisia (1943) hanya dengan Khukri. Keberanian mereka juga bisa disimak dari ketangguhannya tatkala bertempur melawan infiltran di belantara Serawak dalam peristiwa Konfrontasi Malaysia-Indonesia (1966).

Kekaguman atas keberanian orang-orang Gurkha muncul pertama kali tatkala tentara Inggris dari Kompi India Timur berusaha menduduki Nepal pada 1814. Dengan persenjataan seadanya, mereka memberi perlawananjauh lebih dahsyat dari yang biasa diberikan penduduk dari negara-negara jajahan Inggris sebelumnya. Di luar dugaan, mereka ternyata mau direkrut jadi pasukan darat Inggris dan bersedia dikirim kemana saja, ke seantero dunia. Lebih dari 200.000 Gurkha bertempur untuk Inggris, 43.000 telah gugur di dua perang dunia, dan 13 menerima Victoria Cross.

Dalam Edisi Koleksi Angkasa The Great Britain Special Force GURKHA ini Anda akan kami ajak. mengenal Brigade Gurkha yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Angkatan Darat Inggris. Mulai dari sejarah pertemuan mereka, rekrutmen, kesatuan-kesatuan yang pernah dibentuk, operasi-operasi di berbagai negara, hingga realitas hidup yang kini ada. Mereka selalu bersemboyan: “Lebih balk mati daripada hidup sebagai pengecut!”. Kesejatian pendirian mereka seolah telah tertatah mati pada belati bernama Khukri, yang selalu terselip di pinggang. Jangan lewatkan edisi spesial ini!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: