Vulcan The Old Warrior


Avro Vulcan B.Mk 2 asal satuan Waddington Wing, Wideawake Airfield, Ascension Island, Juni 1982.Inilah deskripsi awal gambar illustrasi dibawah. Setelah 25 tahun resmi masuk dalam daftar kekuatan udara AU Inggris, baru pada tahun 1982, Vulcan diturunkan dalam pertempuran sesungguhnya.

Ada alasan yang sangat kuat bagi Inggris untuk mengoperasikan jenis pesawat lawas ini.Vulcan satu-satunya unsur udara berkemampuan serang yang bisa dioperasikan dari pulau terdekat  ke Falkland.Tentu saja fase pengisian bahan bakar di udara tetap saja dibutuhkan.

Dalam tahap awal  penerbangan menuju titik target yaitu bandara Port Stanley, armada bomber ini terbang pada posisi ketinggian tinggi.Untuk menghindar dari penciuman radar,pesawat lalu terbang di ketinggian rendah saat mendekati Falkland.Begitu sampai di area target, pesawat diajak menanjak untuk mencapai ketinggian idealguna melepaskan bom.Total ada 21 bom yang dilontarkan dari armada ini saat itu.

Selain pemboman, Vulcan juga dipakai dalam misi membungkam radar intai Argentina, TPS-43F.Modalnya adalah 4 unit rudal antiradr AGM-45A.Arsenal ini dipilih lantaran jumlah yang diusung bisa lebih banyak ketimbang senjata aslinya, yaitu rudal AS37 Martel.Perubahan tipikal senjata tadi tentu saja perombakan sistem cantelan pada pesawat.Hebatnya para tehnisi AU Inggris mampu melakukannya secara cepat di Ascension.

Modifikasi lain yang juga diterapkan adalah mengubah fungsi ruang bom.Bagian ini dirombak untuk menampung sepasang tanki bahan bakar cadangan.Upaya ini berfungsi untuk menekan jumlah fase pengisian bahan bakar di udara seminim mungkin.

Vulcan bernomor XM 597 ini digambarkan saat melakukan serangan rudal shrike yang kedua (Operasi Black Buck 6).Tak berlangsung mulus, pesawat yang diawaki Mac Douglall meski berhadapan dengan awak radar yang cerdik.Berbekal pengalaman serangan pertama, para awak radar tak mengaktifkan peralatan mereka.Sebelum beraksi, XM 597 mesti berputar selama 40 menit untuk memancing reaksi Argentina.

Saat kembali XM597 mengalami masalah dengan probe.Mac Dougall terpaksa harus mendaratkan pesawatnya ke Brazil.Dalam proses ini rudal shrike yang tersisa serta sejumlah perangkat rahasia terpaksa dibuang di wilayah Brazil.Kabarnya hingga kini, Inggris tak pernah membawa kembali “barang-barang” yang dibuang XMm 597 tadi.

Spesifikasi Vulcan :

Panjang: 32,15 m; rentang sayap 38,83; tinggi 7,94 m
Kemampuan: Kecepatan maksimal 1.038 km/jam.Jarak maksimal 7.400 km;MTOW 92,5 ton

Persenjataan
1.Bom nuklir Blue Danube berbobot sekitar 4,9 ton.
2.Bom nuklir Yellow Sun berbobot sekitar 3,1 ton
3.Rudal Blue Steel
4.Empat rudal AGM-45A Shrike pada dua cantelan
5.Sepasang AS37 Martel pada dua cantelan
6.Beragam bom konvensional hingga bobot 21,4 ton

Perangkat Elektronik
1.Radar ekor ARI 5919 Red Steer
2.Radar H2S dengan dudukan berotasi pada hidung
3.RWR tipe ARI 18228 pada ujung sirip ekor
4. Tabung ECM E-10

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: