Ngecat Sembari Berlayar


Pada awal 1980-an AL Inggris mengaplikasi warna abu-abu gelap (dark sea grey) sebagai kamuflase standar armada Sea harrier FRS.Mk.1.Kelir tadi hanya berlaku pada bagian bodi samping dan atas.Termasuk kedua sayaap utama dan sirip ekor.

Untuk sisi bawah, semua komponen tadi dilaburi warna putih.Bagi para ahli taktik perang Inggris komposisi kamuflase model begini dianggap terlalu mencolok bagi kondisi alam di wilayah Antlantik Selatan.Terutama saat mudim dingin tiba.Oleh karna itu ketajaman warna dikurangi.Komposisi warna yang dipilih adalah abu-abu muda (light barely grey).

Pada dasarnya resep pewarnaan tadi bisa dengan mudah diterapkan.Keterbatasan waktu jadi satu-satunya kendala.Agar tak mengganggu jadwal operasi maka perombakan tampilan dilakukan ditas kedua kapal induk.

Beruntung bagi para awak Sea harrier yang ditempatkan diatas Invincible.Lantaran tergolongkapal baru yang sudah dilengkapi sistem pendingin udara generasi terakhir maka proses pengecatan bisa dilakukan dengan cara semprot.Tetapi bagi awak pesawat Hermes lain lagi ceritanya.Gara-gara belum dilengkapi sistem seperti pada Invincible maka mereka terpaksa melabur cat baru ke sekujur tubuh pesawat dengan tangan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: