Duet dengan Skyhawk Menghajar Invincible


Tak lama setelah pasangan Roberto Cordivic dan Julio Baroza berhasil menenggelamkan  HMS Atlantic Coveyor, sejumlah penerbang senior dari 2a Escuadrilla Commando de Aviacion Naval Argentina mulai mematangkan rencana penerangan yang ketika.

Sasaran berikutnya adalah HMS Invincible. Invincible adalah kapal koordinator antiserangan udara.Tetapi untuk sasaran yang terbilang amat penting ini, hanya tersisa sebuah Exocet.Apa yang harus dilakukan?

Beberapa penerbang senior Super Etendard kemudiazn meminta bantuan pada rekan-rekannya yang ada di Group 4 de Caza untuk melakukan operasi gabungan. Grup 4 de Caza adalah skadron pesawat serang Skyhawk AU Argentina.Mereka mengatakan, penerbangan dengan satu Exocet bukan pilihan operasional yang telah ditetapkan. Setiap Flight harus menyertakan pesawat pendamping untuk memastikan perkenaannya.Dengan semangat tinggi, mereka langsung merespons ajakan itu. Mereka langsung mengirim 4 pesawat A-4C.

Misi mengeksekusi HMS Invincible selanjutnya terkesan dramatik.4 Skyhawk ditugaskan untuk mengejar rudal Exocet yang akan dilepas pada jarak 30 mil laut dari sasaran. Karena tak punya radar, pilot A-4C tak tahu dimana letak sasaran.Begitu pun mereka masing-masing akan membawa 3 bom konvensional Mk.82 seberat 500lbs yang harus dilepas begitu berada di atas sasaran.

Misi yang dilakukan selama 3 jam 47 menit ini diklaim Argentina sebagai misi yang mencetak sukses.Mereka menyatakan berhasil merusak kapal induk HMS INvincible dan HMS Avenger pada 30 Mei 1982 gagal. Inggris menyatakan, dalam siaran resminya, kedua kapal mereka tidak mengalami kerusakan.

Namun dunia mencatat bahwa sampai Juli 1982 kapal ini tidak terlihat di sekitar Port Stanley.Invincible baru terlihat lagi pada September 1982 di pangkalannya dengan cat baru.Sebuah garis putih lebar terlihat melintang di bagian lambung kiri, tempat dimana datangnya sewrangan Argentina pada 30 Mei 1982.

Serangan ini memang luar biasa.Terlebih karena operasi ini telah gugur Letnan Jose Vasques dan Letnan Omar Castilo, pilot 2 Skyhawk AU Argentina yang jatuh setelah  terkena rudal Sea dart Inggris.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: