Operation Paraquat


Paraquat merupakan nama tidak resmi yang diberikan kepada operation Paraquat sebuah kata sandi bagi militer Inggris untuk menguasai kembali  Kepulauan Georgia Selatan dari militer Argentina. Operasi ini mulai digelar April 1982.

Operasi ini sebagai bagian dari yang utama yaitu operation Coorporate untuk merebut Kepulauan Falkland dari Argentina, bisa dikata terbilang sukses.Pada tahap akhir operasi, militer Inggris berhasil merebut kepulauan strategis itu dan menempatkan Inggris ke tampuk kekuasaan di Kepulauan itu pada April 1982.

Pergerakan pertama ke Georgia Selatan adalah untuk menempatkan pasukan khusus SAS dan SBS di Fortuna Glacier.Operasi ini dilakukan oleh Wessex HAS.3 dari 737 NAS dan 2 Wessex HU.5 dari 345 NAS yang berpangkalan dari kapal tanker RFA Tidespring dan HMS Antrim pada 21 April.Namun karena cuaca pada saat itu tidak bersahabat, akhirnya SAS ditarik mundur pagi dini hari. Hanya saja dalam misi ini, dua HU.5 dinyatakan hilang ketika jatuh dalam kondisi terbuka.Untungnya tidak ada yang terluka  bisa dengan mudah diselamatkan oleh heli Wessex lainnya.

hanya dalam 24 jam setelah perintah berangkat, SBS sudah dalam perjalanan.Malam sebelum invasi, mereka terjebak di gelapnya malam dalam perjalanan sehingga menimbulkan keraguan untuk masuk ke Falkland.Barulah esok paginya mereka betul-betul sudah dalam posisi siaga.Dalam perjalanan juga bergabung dengan mereka sejumlah operator SAS, hingga semua berjumlah 50 orang.Selanjutnya pula Kompi M42 RM Commando.Didalam perjalanan lah mereka mempelajari dan mengetahui bahwa target yang harus mereka kuasai adalah Georgia Selatan.

Dalam persiapan serangan ke Georgia Selatan, SAS dan SBS sempat menggelar latihan untuk menguji persipana persenjataan dan perlengkapan yang tersedia.Selama latihan mereka diberangkatkan dari HMS Fort Austin.Karena terbilang buru-buru, dalam latihan sempat terjadi insiden.Perahu motor yang mereka tumpangi gagal bekerja sehingga mereka harus menggunakan dayung untuk mencapai kapal komando.

Tak lama kemudian, 235 tembakan kapal menggelegar menandai dibukanya serangan.Serangan ini sontak mengagetkan Garnisun Argentina yang segera mempersiapkan diri menyambut pendaratan ampibi pasukan HMS Endurance dan Plymouth.

Tanpa perlawanan, garnisun Argentina menyerah pada pukul 17.15 diikuti penyerahan Garnisun yang lebih kecil di Leith sehari kemudian.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: