L118A1, British 105 mm Light Gun


L118 Light Gun adalah jenis Hotwizer berpenarik/penggandeng (towed howitzer). Awalnya diproduksi untuk Angkatan Darat (AD) INggris pada 1970-an dan sejak itu  dan sejak itu diekspor luas ke berbagai negara. Di USA, L 118 dimodifikasi dan menghasilkan versi mereka yaitu M119A1. Pembuat awal L118 adalah royal Ordnance di Nottingham yang kemudian menjadi bagian dari BAE System Lands and Armaments.

Sampai pertengahan tahun 1970-an AD Inggris masih menggunakan OTO Melara Mod 56 kaliber 105 mm sebagai senjata artileri ringan.Artileri ini didesain oleh Italian Alpini dan cukup ringan untuk diangkut oleh Helikopter Wessex atau ditarik oleh Land Rover. Namun artileri ini akhirnya dirasakan sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan angkatan darat terutama dalam jarak jangkau tembakan dan tidak terlalu umum digunakan.

L118 didesain awal 1970 berbasiskan pada Abbot self propelled gun.Ia dirancang lebih ringan dari pendahulunya dan kemampuan barunya adalah mampu diangkat oleh helikopter seperti Puma yang baru saja beroperasi dalam angkatan bersenjata.Land Rover 101 Forward Control kapasitas satu ton dirancang sebagai alat mobilisasi uatama artileri ini di lapangan.Sejak ahir 1990-an, AD Inggris menggunakan Pinzgauer ATV sebagai alat mobiliasi utamanya.

Secara resmi L118 beroperasi  di dalam AD Inggris pada 1975.Pada 1982 artileri ini berperan aktif dalam Perang Malvinas.Lima baterai (30 artileri) diterjunkan pada perang ini.Saat fase akhir pertempuran Malvinas di sekitar Port Stanley, artileri-artileri ini menembakkan 400 amunisi per hari.

Saat ini L118 utamanya ditempatkan pada Resimen Komando ke-29 RA, Resimen ke-7 RHA dan Resimen Lapangan ke 40 RA.Tiga Resimen dari Territorial Army Resimen 103 dan Resimen 105 juga dilengkapi oleh Light Gun.REsimen 104 dan unit-unit lain dilengkapi dengan L118 untuk keperluan seremonial.

AS memproduksi L118 dibawah lisensi sekaligus melakukan modifikasi sehingga akhirnya menghasilakn versi sendiri yaitu M119 Howitzer

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: