Milan, Portable Anti Tank


Milan adalah rudal portabel anti tank jarak menengah.Diproduksi awal Euromissile yang berkedudukan di Perancis.Euromissile awalnya adalah konsorsium dari Aerospatiale-Matra dari Perancis dan Daimler C.A. dari Jerman, yang saat ini merupakan anak perusahaan EADS.

Sistem rudal dari A.M. telah digabungkan bersama dengan Matra BAE Dynamics dan Alenia Marcony Sistem dengan membentuk MBDA lisensi sistem rudal ini juga telah dikeluarkan untuk dibuat oleh Bharat Dynamic di India.

Sistem rudal ini dibangun awalnya untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Perancis dan Jerman.Sejak diproduksi komersial pada 1973 lebih dari 334.000unit telah dikirimkan kepada pemesan di 44 negara.

Rudal Milan mampu menghancurkan tank musuh pada jarak 1.950 m. Milan terdiri atas tiga komponen utama yaitu peluncur, rudal dan pengindera/pembidik TI atau MIRA. Ia dioperasikan oleh dua orang pasukan.Ketiga komponen utama dapat dibawa secara terpisah dan dapat segera digabungkan dengan mudah.Pada saat penembakan operator hatus tetap mempertahankan  bidikannya pada target dan perintah semi otomatis dari jalur pembidik menuntut sistem melakukan tugas akhirnya.Milan hanya secara efektif akan menghancurkan tank dari sisi depan, tetapi dari segala sisi yang dianggap menguntungkan oleh pasukan.Target untuk dihancurkan tidak hanya terbatas pada tank tapi juga bangunan, bunker dan segala tipe kendaraan.

tahun 1982 pada perang Malvinas, tentara Inggris telah dibekali dengan beberapa Milan, walaupun pada kenyataaannya tidak ada satupun tank Argentina yang diterjunkan pada perang ini. Inggris akhirnya menggunakan Milan untuk menghancurkan bunker-bunker pasukan Argentina.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: