Kronologis Perang Malvinas


Tanda-tanda perang di Falkland atau Malvinas akan pecah sesungguhnya sudah dapat diperkirakan jauh hari sebelumnya. Bibit pertikaian muncul sejak Maret 1982, yakni ketika seorang pedagang besi tua Argentina, Constantino Sergio Davidoff yang “dikawal” kapal angkut AL Argentina  diusir Gubernur falkland, Rex Hunt dari wilayah Georgia Selatan ketika sedang befbisnis dengan pengusaha setempat. Ia dan anak buahnya dianggap melanggar wilayah kedaulatan Inggris karena telah mengibarkan bendera Argentina  di Leith, Georgia Selatan.

Kala itu hubungan Argentina dan Inggris sedang tak baik. Argentina sesungguhnya telah men-set pengambilalihan Falkland pada Oktober 1982. Tetapi Presiden Leopoldo Galtieri memajukannya ke April karena London tiba-tiba mengirim kapal perang HMS Endurance untuk melindungi Georgia Selatan dari kemungkinan serbuan Argentina. Meski masuk dalam wilayah kepulauan Falkland, Georgia Selatan terletaK cukup jauh dari gugus kepulauan Falkland.

Berikut kronologi Perang di Malvinas atau Falkland, sejak bibit pertikaian itu bersemi:

20 Desember 1981
Pedagang besi tua Argentina, C.Davidoff datang ke Leith, Georgia Selatan untuk meninjau eks stasiun penangkapan dan pengolahan ikan paus Cristhian Salvesen yang berkantor pusat di Edinburgh, Inggris.Salvesen telah menyetujui tawaran Davidoff untuk membeli 35.000 ton besi tua dari stasiun ini dengan harga 115.000 pundsterling.Davidoff diantar kapal pemecah es AL Argentina, AlmiranteIrizar, yang ternyata mengantongi agenda tersendiri dan masuk wilayah Leith tanpa izin dari British Artarctic Survey, perwakilan pemeerintah Inggris di sana.

9 Januari 1982
Kedubes Inggris di Argentina mengirim nota protes untuk pendaftaran tanpa izin rombongan Davidoffke Georgia Selatan.

12 Januari
AB Argentina mulai merencanakan invasi ke Falkland

25 Pebruari
Deputi Menlu Inggris Richard Luce membicarakan masalah kedaulatan wilayah dengan Wakil dari Argentina,Ernesto Ros di New York.

6 Maret
Mengaku mengalami kebocoran tanki bahan bakar, Hercules AU Argentina tujuan Antartika mendarat darurat di Pangkalan Udara Stanley, Ibukota Falkland. Dari pesawat turun perwira senior yang kemudian meniunjau wilayah di sana.

8 Maret
PM Thatcher bersama kementrian Luar Negeri dan Kementrian  Pertahanan membicarakan rencana operasi militer jika Falkland benar-benar diserang Argentina.

20 Maret 1982
PM Thatcher memerintahkan kapal HMS Endurance berlayar ke Georgia Selatan untuk melindungi wilayah ini.Turut serta 23 marinir Inggris dibawah pimpinan Letnan Keith Mills.

26 Maret
AL Argentina mengirim kapal survey Bahia Paraiso dan satu detasemen marinir yang dipimpin Kapten Alfredo Astiz ke Georgia Selatan untuk merespon pengusiran pihak Inggris terhadap kapal Bahia Buen Suceso berikut 28 pekerja anak buah Davidoff.Astiz adalah perwira yang kerap terlibat dalam operasi pelenyapan orang.

28 Maret
Pemerintah Argentina menglaim bahwa Kepulauan Falkland dan Georgia Selatan adalah bagian di negaranya.Tak ada lagi negosiasi dengan LOndon.Lima kapal perang Argentina mendekati Georgia Selatan.Menlu Lord Carrington meminta Menlu AS Alexander Haig untuk membujuk Argentina agar mau mengurungkan operasi militer ke wilayah tersebut.

29 Maret
Intelijen Inggris menangkap perkembangan buruk.AL inggris diperintahkanmengirim tiga kapal selam nuklirnya ke Atlantik untuk memantau perkembangan.Kapal selam Spartan berangkat dari Gibraltar menuju Falkland.

31 Maret
Junta ASrgentina memutuskan final menginvasi Falkland.PM Thatcher minta bantuan Presiden Ronald Reagan agar Argentina mau mengurungkan niatnya.
t
1 April
Kapal Selam Inggris, Splendid, berangkat ke selatan dari Fashlane.

2 April
Setelah mernolak bujukan Presiden Reagan, Galtieri memerintahkan invasi ke Kepulauan Falkland.Tengah malam mereka  menggelar Operasi Rosario ke Falkland. Pukul 03.25 pagi, Gubernur HUnt mengumumkan Darurat Perang. Pasukan Elit Argentina mendarat di Mullet Creek pukul 04.30, York Bay pada 05.30 dan mulai ko Hermesntak senjata dengan Marinir Inggris pukul 06.00. Tiga tentara Argentina gugur. Pukul 09.15, GUbernur Hunt menyerah dan Argentina mengambil alih Port Stanley dan wilayah Falkland.Panglima Invasi, Brigjen Mario Menendez ditunjuk menjadi Gubernur Islas Malvinas.Stanley diubah namanya menjadi Puerto Argentino.9 kapal perang Inggris yang bersandar di Laut Mediterania segera diperintahkan menuju Falkland.
Sementara itu pagi hari di Leith, Georgia Selatan, Kapten Asri Falkland, Artiz memimpin upacara penaikan bendera Argentina dan menyatakan bahwa kepulauan inidiganti namanya menjadi Islas san Pedro.Namun karena jarak yang jauh dari Falkland, pihak BAS dan Marninir Inggris yang dipimpin Letnan Mills masih berani menentang.

3 April’
Helikopter dan Korvet Argentina mengepung Grytviken, Georgia Selatan dan terlibat konflik bersenjata dengan Marinir Inggris. Setelah bertempur lebih dari satu jam, pasukan Letnan Mills menyerah. Mills dan Serma Peter Leach dianugerahi penghargaan oleh Kerajaan Inggris  karena berani menghadapi kekuatan musuh yang jauh lebih besar.

5 April
Kapal induk Hermes dan Invincible serta beberapa kapal perang Inggris bertolak dari Porstmouth menuju Falkland.

7 April
Reagan menyetujui misi perdamaian Menlu Alerxander Haig ke London dan Buenos Aires.Inggris membekukan aset Argentina senilai 1,4 miliar dollar yang terseimpan di bank-bank Inggris.

9 April
Brigade Komando ke3 Inggris diberangkatkan dengan kapal komersial Canberra. Uni Eropa memberlakukan sanksi ekonomi kepada Argentina. (Italia dan Irlandia memveto).

12 April
Inggris mengumumkan zona ekslusif perang 200 mil dari garis pantai kepulauan Falkland. Kapal selam nuklir HMS Spartan mulai mengawasi Port Stanley.

14 April
Armada Argentina meninggalkan Puerto Belgrano menuju daerah perang.Armada kapal tempur Inggris yang mengangkut marinir dan pasukan elit Inggris menuju South Georgia, bergabung dengan Endurance.

17 April
Panglima Armada Inggris Laksamanan Sir John Fieldhouse memimpin rapat di Pangkalan Ascension dengan Panglima Satgas Laksda John Woodward dan pimpinan Brigade ke-3, mementukan strategi serangan.Ascension menjaditempat transit gugus tugas Inggris.

18 April
Kapal Induk Argentina, V de Mayo kembali ke pelabuhan karena kerusakan mesin.

19 April
Argentina menolak usulan damai Haig, meski Inggris menyetujui transfer kedaulatan pada 31 Desember 1982 dan memperkenankan warga Argentina tinggal di Falkland.

21 April
Operasi merebut kembali South Georgia dimulai dengan kegagalan SAS mendarat di Fortuna Glacier.

22 April
Galtieri meninjau Falkland. Satgas Inggris memasuki perairan Falkland.Kapal pukat harimau AS Argentina, Narwhal, dijadikan kapal intelijen.

23 April
Inggris memperingatkan setiap kapal dan pesawat Argentina, sipil dan militer yang mendekat ke gugus armadanya akan dihancurkan.

25 April
Marinir Inggris berhasil merebut kembali South Georgia.Kapal selam Argentina Santa Fe mendekat ke perairan South Georgia.

26 April
Thathcher mengumumkan bahwa upaya diplomasi dengan Srgentina sudah ditutup.Pasukan Argentina meerebut Port Howard.

27 April
Operasi pendaratan ke San Carlos berkode Sutton dijelaskan kepada kabinet perang di London.

29 April
Satgas Inggris tiba di zona ekslusif maritim.Pembom Vulcan mendarat di Kepulauan AScension.

30 April
Zona eklusif total diberlakukan di sekitar Falkland, Panglima divisi penyerbuan, Mayjen Marinir Jeremy Moore dan pimpinan Brigade Komando ke-3 Brigadir Julian Thomson merancang serbuan darat.Reagan menghentikan misi perdamaian Haig dan menyatakan siap mendukung dan membantu Inggris.

1 Mei
Serangan bom pertama oleh Vulcan, disusul aksi oleh Sea Harrier, penembakan dari kapal perang terhadap posisi-posisi Argentina, serta pendaratan  awal satuan komando SAS dan SBS Inggris. Tiga pesawat Argentina tertembak. Port Stanley mulai dibombardir.

2 Mei
Kapal penjelajah Argentina General Belgrano ditenggelamkan oleh kapal selam nuklir HMS Conqueror atas perintah dari London.Belgrano tenggelam pada 30 mil di luar zona ekslusif maritim, 386 personil gugur. Peru menyatakan ingin membantu upaya damai.

3 Meis
Galtieri menolak proposal damai Peru. Inggris menenggelamkan sebuah kapal patroli Argentina.

4 Mei
Kapal perusak Inggris HMS Shieffeld tenggelam dihajar rudal exocet  yang ditembakkan dari pesawat Super Etendard Argentina. Pesawat  pertama Sea Harrier Inggris tertembak jatuh di Goose Green. Inggris membombardir posisi Argentina di Stanley.

6 Mei
Dua Sea Harrier bertabrakan dalam cuaca berkabut. Konvoi satgas Inggris, termasuk Cannberra bertolak dari Ascension.

7 Mei
Inggris melebarkan zona Eklusif Total hingga 12 mil dari pantai Argentina

9 Mei
Kapal mata-mata Narwhal tenggelam setelah ditembaki Sea Harrier. Posisi Argentina di Stanley rusak berat dibom dari arah laut dan udara.Rencana pendaratan Inggris di San Carlos selesai.

10 Mei
Kapal suplai Argentina Islas de los Estados ditenggelamkan kapal Inggris Alacrity.Argentina mengumumkan bahwa seluruh Atlantik Selatan menjadi zona perang.

12 Mei
kapal Queen Elizabeth II bertolak dari Southampton mengangkut Brigade Infantri ke-5, termasuk di dalamnya Garda Scoots, Garda Welsh dan Gurka.

14 Mei
Paukan komando SAS menyerbu pangkalan Argentina di pulau Peeble, menghancurkan suplay dan 11 pesawat Pucara. Tiga Skyhawk Argentina ditembak jatuh oleh Sea Harrier Inggris.

17 Mei
Inggris kembali menawarkan perdamaian kepada Argentina. Helikopter dan Invincible menyusupkan tim SAS ke pangkalan militer Argentina di Rio Grande. Tetapi upaya ini gagal di tengah jalan.

18 Mei
Rencana pendaratan di San carlos dibahas di kabinet perang, pertemuan pasukan pendarat dengan armada satgas pimpinan woodward. Argentina menolak usulan damai Inggris.

19 Mei
Kabinet perang di Londonmemberi lampu hijau bagi woodward untuk melaksanakan operasi pendaratan di Falkland. Heli Sea King Inggris jatuh, menewaskan seluruih awak dan 19 angsota SAS.

21 Mei
Pasukan Inggris mendarat di San Carlos.Operzsi Sutton dimulai. Frigat HMS Ardent tenggelam di San carlos oleh serangan udara Agentina, 22 awaknya tewas.Dua kapal lainnya, Argonaut dan Antrim juga kena bom, tapi gagal meledask, dua tewas. Dua heli Inggris dan 15 pesawat Argentina  tertembak jatuh. PBB mulai seiur membahas pertikaian ini.

23 Mei
Frigat Inggris  Antelope kena bom Argentina, tapi lagi-lagi tak meledak.10 pesawat Argentina berhasil dijatuhkan.

24 Mei
Antelope meledak saat tim penjinak bom Inggris keliru mengeluarkan detonator bom Argentina yang jatiuh di kapal ini.Kapal pendarat Sir Galahad dan Sir lancelot dihantam bom, tapi lagi-lagi tak meledak.Tapi nasib baik tak dialami Sir Bedivere.7 pesawat Argentina tertembak jatuh.

25 Mei
Kapal perusak Conventry tenggelam akibat serangan udara, 20 awak gugur.Kapal kontainer Atlantic Conveyor yang mengangkut empat heli Chinook dan 10 wessex, hancur ditabrak Exocet, menewaskan 12 personel. Delapan pesawat Argentina tertembak jatuh. SAS bergerak ke gunung Kent.

26 Mei
Kabinet perang Inggris mempertanyakan kekurangsempurnaan pendaratan di San Carlos.Pengambilalihan Goose Grant jadi prioritas utama.Resolusi 505 Dewan Keamanan  PBB mengintruskikan Sekjen Perez de Cuellar untuk mencari celah upaya perdamaian.

27 Mei
Pasukan Komando ke-45 dan Para ke-3 bergerak ke Teal Intlet. SAS ke gunung Kent, dan sebagian Parake-3 lainnya ke Goose Grant. Sebuah SEa harrier temtembak jatuhsaat menyerang Goose Grant.

28 Mei
Pecah pertempuran di Goose Grant, 17 personel Inggris dan 250 Argentina tewas.Kolonel Jones yang gugur dalam tugas, mendapat victoria Groos.Di Georgia Selatan, Brigade Infantri ke-5 pindah dari kapal QE ke Norland dan Cannberra.

29 Mei
Pasukan Argentina menyerah di Goose Green, 1.400 prajurit ditawan, dan penduduk yang dipenjara Argentina dibebaskan.LSM AS mengutuk serangan militer Inggris dan meminta Washington untuk menghentikan bantuan ke Inggris.

30 Mei
Pasukan Komando ke-45 merebut kembali Douglas, Para ke-3 mengambilalih Teal Inlet sementara Komando ke-42 menguasai Gunung kent dan Chalangger.Mayjen Moore tiba di San carlos.Pauspaulus II menyerukan penghentian perang.

31 Mei
Komando ke-42 berhasil merebut gunung Kent dan Chalangger.19 prajurit Royal Marines Mountain dan Arctic Warfare Gadre.Reagan meminta Thatcher tidak menghajar habis Argentina.

1 Juni
Brigade Infantry ke-5 mendarat di San Carlos.Kabinet perang Inggris mendebat proposal perdamaian.

2 Juni
Pasukan Para ke-2 lompat katak ke Bluff Cove. Utusan militer Argentina datang ke kantor PBB di New York menawarkan kata-kata menyerah.

3 Juni
Pertemuan di Versailles membahas akhir konflik Falkland. Reagan mengajukan 5 point kepada Inggris.

4 Juni
Inggris dan AS memveto usulan gencatan senajata yang diajukan Panama dan Spanyol.Spanyol mengkritik keras aksi militer Inggris dan menjadi satu-satunya negera NATO yang tidak mendukung tindakan Inggris.Para ke-2 menguasai Bluff Cove dan Fitzroy.

5 Juni
Gard Scots mendarat di San Carlos

6 Juni
Pertemuan di Versailles mendukung posisi Inggris. Garda Welsh mendarat di San Carlos.

7 JUni
Presiden AS Ronald Reagan berkunjung ke London.

8 Juni
Bencana di Frtzroy, kapal pendarat logistik (LSL) HMS Sir Galahad dan Sir TRistam rusak berat oleh serangan bom Skyhawk 51,pelaut dan pasukan Inggris tewas. Jenderal Moore merancang perebutan ibukota Port Stanley.Kapal Plymouth dihantam 4 bom, tetapi tak meledak.Kapal pendarat Foxtrot -4 tenggelam,berikut ranpur di dalamnya.Tapi Skyhawk ditembak jatuh oleh Sea Harrier.

10 Juni
Peru mengirim 10 jet tempur Mirage untuk mengganti pesawat Argentina yang jatuh.

11 Juni
Pertempuran Port Stanley dimulai, dengan serangan Inggris terhadap pertahanan Argentina di Mt.Longdon, Harriet dan Two Sister.23 prajurit para dan 50 prajurit Argentina tewas ditempat. Sersan Ian Mckay dari Para ke-3 gugur di gunung Kent dianugerahi Victoria Groos.

12 Juni
dalam pertempuran di gunung Longdon,6 anggota Para dan 50 prajurit Argentina tewas. Komando ke-42 merebut gunung Harriet sedang Komando-45 mengambil alih Two Sister.Kapal perusak Glamorgan rusak berat dihantam Exocet menewaskan 13 orang.

13 Juni
Dalam pertempuran di Tumbledown, Wireless, Ridge dan Gunung William: 15 prajurit Inggris tewas dan 4o tentara Argentina gugur.

14 Juni
Pasukan Aergentina menyerah kalah di Port Stanley. Brigjen Menendez menyerah di hadapan Mayjen Moore pada pukul 21.00. 9800 tentara Argentina siap angkat kaki.

17 Juni
Presiden Galtieri mengundurkan diri.Lima hari kemudian, posisinya digantikan Jenderal Reynaldo Bignone.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: