FN FAL, Senapan Perang Dingin


Pada tahun 1947 prototip FN FAL (Fusil Automatique Legere) atau senapan otomatis ringan pertama selesai dibuat oleh Fabrique Nationallede Herstal di Belgia.Didesain awal untuk peluru kaliber 7,92 mm patron Kurz (selonsong pendek) yang sebelumnya telah dibuat dan dipakai Jerman selama Perang Dunia II.

Inggris yang tertarik melakukan tes pada prototip ini dan meminta FN untuk membuat prototipdengan beberapa penambahan. Seperti konfigurasi Bullpup dan ruang tembak untuk peluru terbaru mereka yang berkaliber 280.Setelah mengevaluasi hasilnya, Inggris memutuskan untuk tetap memakai hasil prototip awal.

PM Inggris Churchill dan Presiden AS Harry Truman pada 1952 melakukan kesepakatan dimana Inggris setuju menerima jenis peluru senapan ringan kaliber 30 sebagai standar NATO dan sebagai imbalannya, AS menerima FN FAL sebagai senapan standar NATO. Jenis peluru kaliber 30 buatan AS saat ini dikenal sebagai kaliber 7,62 mm standar NATO, walau begitu AS tetap terus melanjutkan pengembangannnya sendiri.

Pada masa perang dingin, FN FAL merupakan rival utama bagi senapan serbu AK-47 buatan Rusia yang umum digunakan Angkatan Bersenjata Pakta warsawa. FN FAL digunakan sekitar 70 negara dan diproduksi di bawah lisensi oleh berbagai negara seperti Inggris, Israel, Afrika Selatan, Australia, Austria, Kanada,Brazil dan Argentina.Di negara Barat saat itu ia merupakan rival dari G3 Heckler dan Koch, buatan Jerman.

FN FAL beroperasi dengan apa yang dinamakan gas operated action yang mirip sekali dengan yang digunakan senapan otomatis Browning M1918 buatan AS.Kapasitas magasen antara 5 sampai 30 peluru dimana biasanya berkapasitas 20 peluru.

Versi FN FAL produksi Inggris  yang dikenal sebagai L1A1 Self Loading Rifle (SLR) mengeliminasi fungsinya sebagai senjata otomatis juga melakukan beberapa perubahan lain seperti meningkatkan kelancaran pelepasan magasaen, memperkuat penahan magasen, regulator gas dan modifikasi pistol grip untuk penggunaan di musim dingin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: