Misteri Exocet Untuk Invincible


Setelah serangan HMS Sheffield dan Atlantic Conveyor jumlah Exocet AM.39 milik Argentina tinggal satu. Walau tak sesuai standar prosedur operasi di lingkungan AL Argentina yang mensyaratkan serangan yang dilakukan dua rudal,  Buenos Aires tetap bersiteguh memakai rudal terakhir ini sebagai senjata pamungkas target bernilai tinggi.Tak tanggung-tanggung. Sasaran terpilih adalah kapal induk Inggris HMS Invicible atau Harmes.

Tepatnya 30 Mei, misi pemboman kapal induk Inggris dilakukan. Dalam operasinya dikerahkan dua jet Super Ettendard asal satuan
2a Escuadrilla Aeronaval de Caza y Ataque AL berpangkalan di Rio Grande.Salah satu pesawat mengusung rudal Exocet sedang lainnya cuma dilengkapi kanon. Pada detik-detik terakhir serangan juga didukung armada jet A-4C Skyhawk AU Argentina dari Grupo 4 de Caza berpangkalan di Lanud San Julian.

Agar daya kejut serangan tetap berlaku maka jalur penerbangan dibuat diluar kebisaaan. Mereka terbang ke arah timur agar bisa muncul pada titik target dari arah tenggara.  Lantaran jarak jadi melambung maka armada jet-jet Argentina ini mendapat pasokan bahan bakar dari sepasang tanker KC-130 Hercules. Kedua pesawat terbang terlebih dahulu dengan memakai jalur pesawat komersial untuk mengelabui penciuman Inggris.

Eksekusi terhadap HMS Invincible tergolong unik.Keempat A-4C hanya ditugaskan mengejar Exocet yang dilepas sejauh 12-15 mil (20-25 km) dari sasaran.  Dalam misi ini bisa dibilang para piloy Skyhawk terbang tanpa panduan. Pesawat-pesawat mereka memang  tak dibekali perangkat radar. tantangan yang dihadapi tak berhenti sampai di situ.  Kondisi cuaca saat itu begitu buruk. Awan tebal, angin, hujan dan ombak yang ganas menghadang. Padahal saat mendekati objek, pesawat diwajibkan terbang pada ketinggian hanya 60 kaki (18 meter) dari permukaan laut. Sedang Super Ettendard sesekali menaikkan ketinggian untuk mengintip target merusak kapal induk HMS Invincible dengan radar Avage.

Senjata Konvensional

Urusan senjata pada A-4C Skyhawk juga terbilang terbatas.  Masing-masing cuma membawa tiga bom Mk.82 seberat 500 lbs (sekitar 226 kg). Arsenal ini hanya bisa dilepas secara konvensional. Oleh karenanya para pilot Skyhawk menggambar dua garis kokpit.

Garis atas dipakai sebagai patokan untuk Horison sedang garis bawah adalah posisi sasaran. Begitu rudal diluncurkan, keempat Skyhawk mengejar titik hitam yang mengeluarkan asap serta menjatuhkan bom secara salvo pada titik exocet meledak. Serangan dilakukan dari arah buritan.Mereka paham harus berhadapan dengan tirai pertahanan udara dari kapal. Dua Skyhawk langsung rontok dihantam rudal anti pesawat Inggris.  Satu pada jarak 13 km dan lainnya di titik dua kilometer sebelum target. Sisanya tetap mengikuti rudal Exocet sampai ke sasaran dan menjatuhkan bom yang dibawa.

Berikut penuturan Letnan Alferez Isaac yang berhasil lolos dari tirai anti pesawat Inggris bersama Letnan Uteral.
“Saya langsung membuka tembakan dengan kanon setelah tahu dua Skyhawk tertembak. Target saaat itu telah diselimuti asap tebal. Hanya dalam hitungan detik semua bom saya lepas.  Hal yang sama juga dilakukan Uteral sebelumnya. Selanjutnya untuk meloloskan dari kejaran rudal lawan, saya melakukan manuver zig-zag di ketinggian rendah.”

Misi yang dilakukan selama tiga jam 47 menit di atas diklaim Argentina sebagai keberhasilan merusak kapal induk HMS Invincible.  Pernyataan ini dibantah mentah-mentah oleh Inggris. Serangan terhadap HMS Invincible dan HMS Avenger tanggal 30 Mei 1982 gagal, kedua kapal tidak rusak, begitulah pernyataan resmi London.

Hasil penembakan Exocet terakhir Argentina ke arah kapal induk Inggris tetap diselimuti kabut misteri hingga sekarang.  Jelasnya dua pilot A-4C Skyhawk AU Argentina yaitu Letnan Jose Varquez dan Letnan Omar castillo, dua pilot AU yang dengan suka rela bergabung dalam misi ini harus gugur dihajar rudal Sea Dart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: