Kapal Selam Type 209


Jangan anggap enteng kapal selam konvensional. Berbekal sistem propulsi bertenaga elektrik membuat arsenal bawah air ini sulit terdeteksi. Alhasil jadilah kapal selam konvensional menjelma menjadi senjata paling mematikan sejati. Urusan menyusup dengan senyap tanpa ketahuan, jelas kapal selam bertenaga nuklir kalah bila dibandingkan dengan kapal selam bermesin diesel elektrik, gemuruh suara reaktor nuklir tetap bisa menembus gendang telinga operator sonar lawan.

Di atas kertas bisa dibilang kehadiran kapal selam nuklir tak lebih dari sekedar Arsenal pengdongkrak gengsi. Selain itu  juga berguna sebagai alat tawar menawar politis. Tentu saja dengan catatan bila kapal selam itu punya kemampuan melontarkan rudal jelajah berhulu ledak nuklir.

Para Petinggi AL Inggris rupanya sadar betul dengan prinsip tadi. Dalam konflik Falkland, 1982 armada yang mereka kerahkan benar-benar menjaga ketat parameter  pertahanan bawah air. Selain sonar dari kapal, AL Inggris juga tak henti-hentinya mengoperasikan heli-heli anti kapal selam (ASW). Mulai dari varian terbaru Wesland Sea Lynx hingga paling uzur Wesland Wessex. Bahkan buat mempertajam daya pukul, Inggris juga menggelar heli Wasp dengan kelengkapan rudal AS 12 bagi keperluan maritim.

Tak inipun pada akhirnya membuahkan hasil. 25 April 1982 sebuah kapal selam konvensional Argentina ARA Santa Fe berhasil ditenggelamkan. Sebelumnya Inggris benar-benar ketakutan  oleh kehadiran Kapal Selam eks PD II itu.

Bila ditengok lebih jauh lagi, dalam konflik sebetulnya AL Argentina juga mengerahkan kapal selam yang lebih canggih lagi. San Luis (S32) begitulah nama kapal selam yang dimaksud. Kapal ini masuk dalam varian type 209/1200 buatan Jerman Barat. Sayang tak banyak cerita yang bisa muncul dari kisah operasi San Luis. Tetapi yang jelas informasi tenatng kehadiran kapal selam ini sempat membuat armada AL Inggris kelabakan. Selama perang, Varian type 209 lain milik AL Argentina yaitu Salta sedang menjalani tahap perawatan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: