Hercules, Bomber AU Argentina


Urusan pesawat serang dengan kemampuan jarak jangkau jauh, AU Argentina memang tak punya. Tapi ini tak membuat mereka kehilangan akal.Sebuah pesawat angkut C-130H (TC-68) disulap untuk melakukan misi pemboman. Tipe pesawat ini dipilih lantaran punya jarak jangkau mumpuni plus kapasitas angkut besar.

Pembenahan dilakukan dengan merombak cantelan pada sayap.Komponen yang seharusnya digantungi tangki bahan bakar cadangan diubah untuk membawa bom. Untuk itu kedua cantelan diintegrasikan dengan sistem pelontar bom multi (MER-Multi Ejector Rack) milik jet-jet A-4 Skyhawk AL Argentina.

Selanjutnya para tehnisi Argentina membuat alur kabel baru sehingga pilot Hercules bisa menjatuhkan bom dari dalam kokpit. Terakhir guna mendongkrak jarak jangkau bagian dalam pesawat disulap untuk membawa bahan bakar cadangan.

Hercules jenis pembom ini tinggal landas dari ElPalomar pada 29 Mei 1982. Tujuannya adalah armada kapal-kapal suplai Inggris yang bertebaran di sekitar Georgia. Pada akhirnya kapal suplai bahan bakar wye jadi sasaran TC-68. Sekitar 12 bom berbobot sekitar 12kg dijatuhkan. Sayang, dari jumlah itu tercatat cuma satu saja yang berhasil menghantam sasaran. Itu pun tak meledak.

Hercules TC-68 mendarat dengan selamat di El Palomar setelah melakukan misi pemboman selama 11 jam.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: