Serangan Balik VPAF


Serangan balik yang terjadi padal 3 dan 4 April 1965 membuat AS berpikir ulang mengenai kemampuan AU Vietnam (VPAF —Vietnamese People’s Air Force). Meski terbilang baru dalam mengoperasikan jet tempur, kemampuan mureka tak bisa pandaNg sebelah mata. Pertempuran udara di atas wilayah Nho Quan, Propinsi Ninh Binh yang terjadi .pada 17 Juni 1965 menjadi salah satu acuan awal. Duapuluh pesawat tempur AS, terdiri dari AD6 Skyraider dan F-4 Phantommengeroyok 4 MiG-17 Vietnam Utara. Tetapi mereka mampu menyelesaikannya dengan “sempurna”.

Dan keempat MiG, dua berhasil ditembak jatuh, satu lainnya hilang kendali. Namun, dalam duel tak imbang ini, mereka masih mampu menjatuhkan dua Phantom. Benar-benar luar biasa!

Tiga hari kemudian, dua MiG-17 mengintersep enam AD6. Dua Skyraider berhasil ditekuk. Namun  salah satu MiG tiba-tiba hilang kendali dan jatuh di seberang bukit. Pesawat itu hancur dan pilotnya tewas.

Tanggal 20 Juli, dua MiG-17 kembali berhasil menghancurkan F-4 Phantom di Tam Dao.Tetapi, nasib dua pesawat itu tidak bertahan lama. Keduanya berhasil ditembak pesawat AS dan pilotnya tewas.

Kehadiran pilot-pilot gila Vietnam yang jago dalam pertempuran udara jelas merepotkan pihak AS. Pesawat-pesawat tempur Vietnam mnikam banyak pesawat AS.demikian, melawan kekuatan persenjataan AS yang jumlahnya bejibun, Vietnam mesti tahu diri juga. Petinggi AU Vietnam segera menarik 2 pesawat berikut pilot-pilot mahalnya. Tindakan
ini semacam strategi untuk tidak terlalu mengumbar alutsista sumber daya manusia yang terbatas.

Musim Panas 1965, 30 penerbang tempur baru AU Vietnam kembali dari pendidikannya di cina dan Uni Soviet. Dengan tambahan ini, jumlah pilot Vietnam yang siap diterjunkan dalam pertempuran menjadi dua kali lipat. Bulan Mei 1965 satu grup penerbang bomber juga kembali dari Soviet. Mereka siap mengawaki skadron pengembom yang baru dibentuk. Yaitu 929th Bomber Squadron atau dalam bahasa setempat ,disebut Dai Doi Khong Quan Nem Born 929. Skadron ini mengoperasikan 12 pesawat 11-28 Beagle. Terdiri dari delapan 11-28 bomber, dui II- 28R reconnaisance dan dua 11-28 trainer.

Tidak hanya melengkapi diri dalam kekuatan udara, AU Vietnam juga memperkuat persenjataan daratnya. Mei 1965, VPAF  meningkatkan kekuatan pangkalan-pangkalan di Hoa Lac, Yen Bai, Tho Xuan dan Kep. Demikian juga dengan pangkalan di Gia Lam dan Kien An.pangkalan yang sudah tidak terawat ini dibangun ulang dan selesai pada  ahir 1965.

Setelah membuka Pangkalan Udara Kep, pemerintah Vietnam juga membangun resimen tempur kedua, yakni 923rd Yen The Fighter Regiment atau dalam bahasa setempat bernama Turung Doan Khong Quan Tiem Kich 923. Resimen ini dikomandani Mayor Nguyen Phuc Trach.

Perlahan namun pasti, pesawat AU  Vietnam makin bertambah. Mulai dari MiG-17,Mi-21/ U/UTI/F-13/PF, L-29, JJ-5, 11-18, An-24. Mi-6, Mi-8 dan lainnya. Pelatihan dilakukan secara intensif oleh pilot yang sudah punya pengalaman lebih dulu. Segala hal diupayakan demi sebuah kekuatan udara yang makin menyengat.

Tidak heran, menghadapi kenyataan sepert ini AS segera ambil taktik. Dihancudim infastruktur yang kira-kira bisa menghambat laju tentara Vietnam. AS menghancurkan dan jalan raya dan jalur kereta api di Lang Son, Lao Cai,Hai pong dan Dikeritik Militer Ke-4 di bagian selatan.

Tanggal 20 September 1965,  sebuah pesawat Phantom AS melakukan peenseboman  terhadap Route 1 antara Lang Son dan Honai.  Vietnam segera menurunkan satu Flight MiG-17 diterbangkan pham Ngoc Lan, Nguyen Nhat Chieu,Tran Van Tri dan Nguyen,Doc Do untuk mengintrsep. Tanpa dinyana,Chieu menembak jatuh Phantom itu di Nha  Nam dengan dua kanonnya.

Pada saat yang sama, Batalion ke-38 dari 238th. Missile Air Defense Regiment menghancurkan, sebuah AD6 di Huu Lung. Sementara di Hoanh Bo, Skadron Ke-40 Pertahanan berhasil menembak jatuh sebuah A-4ESkyhawk AS.

Masih di tahun yang sama, pada 6 NOfember. empat pilot Vietnam yakni Tran Hanh, Ngo Doan Nhung,pham ngoc Lan dan Tran Hanh,Ngoc Lan dan Tran Van Phoung berhasil menembak jatuh halikopter ASdi Hoa Binh. Mereka terbang dengan MiG-17 dari Resimen Tempur Ke-921. terhitung sejak April hingga Desember 1965.menurut buku Air Wes Ove Noth Viet Nam  karya istvan Toperczer (1998),VPAF terlebih dalam 156 kaki dogfight dan meraih 15 kemenangan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: