Divisi Waffen-SS


Divisi Waffen-SS

Perlu diketengahkan juga, bahwa selain membentuk divisi-divisi gunung dan ski dari tentara reguler, Hitler juga punya orang-orang khusus yang tergabung dalam barisan Waffen-SS Demikian pula dengan spesialisasi yang mereka miliki. Divisi gunung khusus dari bala tentara Waffen-SS tak kalah perannya. Sedikitnya ada enam divisi gunung yang berada dalam naungan bendera Waffen-SS. Yaitu, Divisi Gunung SS 6 Utara, Divisi Gunung SS 7 Frinz Eugen. Divisi Gunung SS 13 Handschar, Divisi Gunung SS 21 Skanderberg, Divisi Gunung SS 23 Kama dan Divisi Gunung SS 24. Divisi-divisi ini tidak dipimpim oleh seorang jenderal. Melainkan pemimpin grup atau brigade. Berikut sekilas profit keenam pasukan gunung SS ini.

  •  Divisi Gunung SS 6 Utara. Dikomandani oleh Richard Hermann, Karl Demelhuber, Mathias Kleinheisterkamp, Lothar Debes, Friedrich-Wilhelm dan Karl-Heinrich Brenner. Divisi ini dibentuk pada 1941 dan bertempur di bagian utara Front Timur. Pada awalnya divisi tak memperlihatkan ketangguhan mengagumkan. Beratnya medan yang harus dihadapi menjadi salah satu penyebab. Ini terlihat ketika mereka terdesak mundur oleh gempuran tentara Soviet.
  • Divisi Gunung SS 7 Frinz Eugen. Dikomandani oleh Artur Phelps, Carl von Oberkamp, Otto Kumm dan August Schmidhuber. Beraksi pada Oktober 1942 melawan para pendukung Tito di Serbia. Setelah itu mereka masih bertempur di Bosnia dan Herzegovina. Kembali ke Serbia hingga 1945.
  • Divisi Gunung SS 13 Handschar. Dikomandani oleh von Obwurzer, Sauberzweig dan Desiderius Hampel. Awalnya divisi ini dibentuk 1943 dengan anggota dari para voluntir muslim Bosnia. Tidak heran, awalnya namanya pun adalah Bosn-Herzogov Gebirgs Division. Diturunkan dalam pertempuran di Prancis, Soviet dan Austria. Dari divisi ini sedikitnya ada lima orang yang mendapatkan penghargaan Knight Cross.
  • Divisi Gunung SS 21 Skanderberg. Dikomandani oleh August Schmidhuber dan Graaf. Dibentuk 1944. Bila Divisi Gunung Handschar dibentuk berkat adanya para voluntir Bosnia, maka divisi ini diisi para voluntir muslim dari Albania. Sehingga kadang disebut juga sebagai Divisi Gunung Voluntir Albania. Bayangkan saja, dari 6.000 personel yang ada, lebih dari setengahnya adalah anggota muslim Bosnia. Sisanya adalah para personel Jerman yang gagal diterima di AL Jerman.
  • Divisi Gunung SS 23 Kama. Dikomandani oleh Hellmut Reithel. Dibentuk pada pertengahan 1944 dengan anggota rekrutan dari Hungaria dan sebagian dari Divisi Handschar. Divisi sempat bertempur melawan Tentara Merah sebelum akhirnya dibubarkan dan dialihkan menjadi Divisi Voluntir Jerman.
  • Divisi Gunung SS 24. Dikomandani oleh Berschneider, Werner Hahn dan Carl Marcks. Dibentuk pada musim panas 1942 atas permintaan Heinrich Himmler. Divisi ini dipersiapkan untuk pertempuran di pegunungan berbatu di perbatasan Italia-Yugoslavia. Divisi ini merupakan divisi gunung Waffen SS yang dibentuk Hitler sebelum akhirnya Jerman bertekuk lutut kepada sekutu. (ron)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: