Seusai Masa Bakti


Dengan warna mirip tim aerobatik AL AS, pesawat ini adalah pindahan dari tempat sebelumnya di gerbang Lanud Palembang.

Selama menjadi alutsista di jajaran TNI AU, F-86 Sabre selain menjadi pesawat yang menghantar para pilot untuk menjadi penerbang pesawat tempur moderen juga berhasil menciptakan sejarah penerbangan tersendi­ri. Tapi setelah puma tugas, sejumlah F-86 TNT AU itu pun di grounded. Sebagian dipajang di sejurnlah tempat sebagai museum dan sebagian lagi dibeli oleh perusahaan Aero Trader dari AS. Tak semua F-86 yang dipajang sebagai museum terawat baik demikian juga yang dibawa ke AS. Sebagai saksi sejarah penerbangan TNI AU, F-86 yang difungsikan sebagai museum seharusnya dirawat dengan sebaik-baiknya.

Dua F-86 yang dibeli oleh Aero Trader sebuah perusahaan dari Amerika tak bernasib balk. Hanya tersisa bagian depan dari fuselage, teronggok menjadi besi tua di Actolio Wells

Setelah teronggok sekian lama di Iswahyudi, pesawat dengan nose numberl2 ini dikirim ke Amerika oleh perushaan Aero Trader. Kondisinya cukup mengenaskan. Kemungkinan sebagian suku cadang dikanibal. Warna ini masih berupa warna asli seperli ketika dikirim dari Australia.

Masih dalam kondisi dipoles dengan warna aslinya pesawat F-8623 ini sejak datang ke Indonesia tahun 1976 tidak pernah terbang karena kurangnya buku riwayat dan kemudian dikirim ke Amerika oleh Aero Trader.

Di bawah kerindangan pepohonan dan terawat balk F-86 dengan nose number07 ini menjadi ikon di taman hiburan Ngumbul, Ponorogo, Jateng.

esawat dengan nose number 22 ini sudah berubah warna aslinya sehingga menjadi kuning tua sesuai motif khas daerah setempat . F-86 ini menjadi monumen di kola Pekanbaru

Kota Wonogiri Jateng kebagian satu pesawat dengan nose number16. Terlihat pesawat terawat cukup baik. Menarik untuk disimak pesawat belum menggunakan motif strip merah.

Sayang pesawat dengan no TS-8609 di Taman Wisata Dander, Bojonegoro. Jawa Timur ini tidak terawat dengan baik. Terlihat seperti teronggok begitu saja di sekitar taman.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: