DH-115 Vampire


Bukan secara kebetulan kalau Skadron Udara 11 yang diresmikan 1 Juni 1957 mempu­nyai makna khusus bagi Angkatan Udara Republik Indonesia. Pada masa itu kekuatan AURI berdasar Skep Kasau Nomor 28A/11/KS/1951 tertanggal 23 April baru terdiri dari lima skadron dengan sistem penomoran angka Romawi. Kedatangan delapan unit jet DH (De Haviland)-115 Vam­pire dari Inggris merupakan awal dari kelahiran skadron ini. Pesawat ini terlebih dulu ditempatkan di kesatuan khusus, yakni Kesatuan Pancar Gas.

Kedatangan Vampire menandai era pesawat jet di AURI. Di awal kedatangannya, Vampire ditempatkan di Kesatuan Pancar Gas Skadron Xl. Sayangnya pesawat ini tak lama memperkuat AURI karena mengalami kesulitan suku cadang. Kemudian hari Skadron ini menjadi rumah bagi jet tempur Soviet.

Akan tetapi kesatuan yang diresmikan 20 Februari 1956 ini tidak berumur panjang. Setahun berikutnya, pada 20 Maret 1957, KSAU memantapkannya menjadi Skadron XI menyusul kedatan­gan pesawat tempur MiG. KPG DH-115 pun dilebur ke dalam skadron ini. Angka sebelas tak lain Bari umur AURI ketika skadron jet tempur pertama ini dibentuk. Untuk itulah makna angka ini menjadi penting, terlebih karena sejak kelahiran Skadron 11, TNI AU mulai menata sistem penomo­ran skadron udaranya. Sebagai) mandan skadron pertama Lettu Udara Leo Watimena.

Selain mengoperasikan delapan DH-115, skadron ini juga merawat 30 MiG-15 UTI dan 65 MiG-17 Fresco. Pada awal berdirinya, MiG­19 Farmer dan pembom IL-28 juga pernah dititipkan sementara skadronnya belum terbentuk. MiG-19 selanjutnya ditempatkan ke Skadron 12, sementara IL-28 di Skadron 21.

Selain perwira TNI AU seperti Leo Wattimena, sejumlah kadet penerbang ALRI yang tengah mengikuti pendidikan terbang di Inggris juga sempat mengecap terbang di Vampire seperti Lmd REBO Tjokrodiredjo dan AHK Hamami. Ketika Skadron 11 mulai operasional, kedua penerbang ini sempat diperbantukan ke AURI untuk mengawaki skadron seka­ligus untuk memelihara kemam­puan kedua penerbang (ben).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: