Penerbangan Terakhir Pilot Kamikaze


Dengan suatu keyakinan bahwa menjalankan misi kamikaze merupakan tugas mulia demi mempertahakan kehormatan bangsa, hampir semua pilot kamikaze menunjukkan moral yang tinggi sebelum menjalankan misinya. Kehidupan para pilot kamikaze bahkan makin menunjukkan semangat ketika esok harinya mereka sudah mendapat kepastian untuk menjalankan misi.

Malam sebelum melaksanakan misi para pilot kamikaze berkumpul dengan rekan-rekannya untuk merayakan perpisahan sambil minum Sake. Lagi-lagi dalam suasana yang seharusnya penuh ketegangan para pilot justru ribut karena merasa iri dengan rekanrekannya yang sudah mendapat kepastian untuk melaksanakan tugas kamikaze. Mendapat tugas kamikaze merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para pilot yang sudah mengantre. Bagi para pilot sesuai keyakinannya, sukses menabrakkan diri ke kapal musuh berarti sukses pula memasuki Kuil Yasukuni, yang secara spiritual merupakan surga bagi para patriot bangsa.

Kuil Yasukuni lukisan zaman Edo

Esok harinya, sebelum para pilot kamikaze melaksanakan misinya, pesawat tempur yang sedang dipanaskan oleh teknisi darat telah dilengkapi persenjataan untuk misi kamikaze. Persenjataan itu antara lain satu bom seberat 250 kg atau empat bom masing-masing seberat 60 kg. Semua bom sudah diperiksa pemicu dan dalam keadaan terkunci. Pemicu born baru akan diaktifkan setelah pilot mengincar dan fokus pada sasaran (kapal perang) yang telah diincar. Setelah mengenakan gear lengkap pilot, membawa pedang samurai sebagai simbol kesatria, mengenakan ikat kepala hachmachi, dan melaksanakan upacara minum sake para pilot kemudian menaiki pesawatnya masing-masing. Sebelum terbang pilot melambaikan tangan kepada rekan sejawat untuk mengucapkan perpisahan.

Ikat kepala Hachmachi

Tidak ada tangisan tapi kebanggaan. Ketika terbang pesawat dalam kecepatan tertentu agar masih bisa mengawasi sasaran yang berada di laut. Begitu sasaran tampak, pilot segera melakukan manuver menukik mengarah ke kapal perang yang akan jadi calon korbannya. Hancurnya kapal musuh dan juga pilot, akan mendapat sambutan penuh kehormatan dari militer Jepang. (win)

Topi Kamikaze

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: