CIA: Dinas Rahasia Paling Berpengaruh di Dunia


Angkasa Edisi Koleksi No. 69, Desember 2010

“Akan ada saatnya kita harus berlomba mengejar hal-hal yang tidak kita perhitungkan sebelumnya, bukan karena seseorang tertidur saat giliran jaga, melainkan karena apa yang sedang terjadi terlalu rumit untuk diantisipasi.” (George J. Tenet kepada Tim Weiner, dalam Legacy of Ashes The History of CIA, 2007)

Serangan teroris ke jantung Amerika pada 11 September 2001 membuat CIA kembali terjaga. Bagi Dinas Intelijen AS ini, keberhasilan mengawal Amerika hingga Perang Dingin usai ternyata bukanlah akhir tugas terberatnya. Serangan Al Qaeda yang dipimpin Osama bin Laden rupanya jauh (bahkan mungkin akan) lebih merepotkan. ketimbang “serangan” yang dilancarkan komunis Uni Soviet.

Di tengah kekuatannya yang terns melorot, mereka seolah berlomba mengejar hal-hal yang sulit diperhitungkan. Ancaman dan serangan teroris terlalu rumit untuk diantisipasi. Warna perang yang mereka hadapi kini, jauh berbeda dengan yang dialami ketika “melawan” serangan terselubung Tentara Merah dan KGB. Ketika itu, operasi rahasia yang digelar di Eropa, Asia dan Amerika Selatan lebih  mudah dilakukan dan dikalkulasi dampak politisnya.

Dalam buku CIA: Dinas Rahasia Paling Berpengaruh di Dunia ini, Anda akan kami ajak menelusuri perjalanan CIA, sejak awal berdiri hingga  perang terbarunya melawan teroris. Aura ketenaran terpancar dari ragam dan kecanggihan teknologi yang disertakan, juga dari intelijen manusia (Humint) yang dikerahkan. Mereka gigih memburu informasi peringatan dini; demi mengungkap rencana, kehendak dan kemampuan lawan – basis untuk pengambilan keputusan dan tindakan Presiden AS.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: