The Complete Book of Carrier Aviation


Angkasa Edisi Koleksi No.64 Tahun 2010


“Laut adalah tempat berpijak yang sangat strategis dan ikut menentukan akhir peperangan.” Pemahaman baru tentang laut selepas Perang Dunia II serta merta mendorong Inggris, Perancis dan AS untuk mendongkrak kemampuan dan fungsi kapal-kapal induknya, setinggi mungkin. Sejak itu pesawat-pesawat yang diterbangkan dari kapal induk tak lagi sekadar digunakan untuk menghajar kapal perang, tapi juga untuk pengeboman dan serangan elektronik ke wilayah lawan.

Perang Teluk I (1991) adalah ajang pengerahan wing udara kapal induk terbesar sepanjang masa. Dari 1.800 pesawat yang dikirim AS dan sekutunya untuk mengusir tentara Irak dari Kuwait, sebagian besar diterbangkan dari kapal induk. Sejak itu daya penggentar kapal induk kian melonjak dan selalu dihadirkan ke setiap kancah pertikaian internasional. Keunggulan dan sifatnya yang mematikan membuat pesawat terbang dari kapal induk AS tak mengakui lagi batas-batas negara di dunia.

Dalam The Complete Book of Carrier Aviation ini Anda kami ajak menelusuri lebih jauh tentang sejarah dan selukbeluk pesawat berbasis kapal induk. Termasuk fungsi dan keunggulan teknologi pesawat-pesawat terbang yang dipangkalkan di kapal raksasa ini, serta berbagai fasilitas pendukung yang tak ditemui di kapal-kapal perang biasa. Anda juga akan kami ajak mengenal kehebatan carrier aviation dari berbagai negara, berikut doktrin pengerahan yang mereka pegang. jangan lewatkan!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: