Sepak Terjang Tentara Swasta


Private Military Companies

Angkasa Edisi Koleksi No.66 Tahun 2010

Dog of war, mercenary, shadow company, freedom fighter, freelance soldiers. Sederet julukan seram pernah disematkan kepada para pekerja Private  Military Company (PMC). Cap buruk ini diberikan karena mereka, umumnya, adalah veteran perang yang sanggup membunuh tanpa rasa kasihan. Perusahaan ini kini tengah jadi sorotan karena mengelola sebagian pekerjaan yang ditinggalkan ribuan tentara yang pensiun dini pasca Perang Dingin. Mereka mengumbar jasa pengawalan, intelijen dan pelatihan minter di negara-negara yang tengah dilanda kerusuhan dan konflik dengan imbalan miliaran dollar. Tak heran jika dalam sekejap FMC menjadi perusahaan yang meraksasa di dunia.

Meski mengaku tak lagi jual jasa kekerasan, kesan sangar toh sulit ditanggalkan. Citra seperti ini juga melekat akibat latar belakang yang serba berlumur darah, peluru dan uang. Sejarah mencatat, PMC berawal dari perusahaan penjual senjata dan bisnis tentara bayaran pemburu kaum separatis bentukan mantan pasukan elit dari era 1980-an. Belantara Afrika menjadi wilayah operasi pertama. Timpangnya stabilitas keamanan di berbagai negara akibat bubarnya Angkatan Bersenjata Uni Soviet dan Jerman Timur membuat spesialisasi PMC berkembang kemana-mana. Ketika AS menyerbu Irak, PMC hahkan ikut mengoperasikan UAV, sistem senjata kapal perang dan alut sista lain.

Dalam Edisi Koleksi Angkasa: PMC Sepak Terjang Tentara Swasta ini Anda akan kami ajak menelusuri petualangan, persenjataan, perkembangan dan sepak terjang sejumlah PMC di belahan dunia ketiga. Kami suguhkan mulai dari Executive Outline, DynCorp, hingga Blackwater. Di dunia sendiri kini tercatat ada puluhan ribu PMC. Mereka terjun menantang bahaya mulai dari sudut Afrika, Balkan, Timur Tengah, Amerika Selatan, hingga ke gurun-gurun tandus Afghanistan. Kedekatannya dengan pasukan AS dan Inggris membuat mereka kerap disalahartikan sebagai kepanjangan tangan Sang Digdaya. Seru, jangan lewatkan!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: