Mesin Perang Darat Tahan Peluru


Armored Vehicles

 

Majalah Commando Tahun 2010

 

Bicara tentang kendaraan lapis baja atau dalam istilah asingnya disebut armored vehicle, punya banyak keragaman. Klasifikasi sebagai kendaraan lapis baja tak saja melekat pada tank yang notabene punya sistem penggerak rantai. Melainkan juga kendaraan berpenggerak roda. Artinya kendaraan militer kecil sekelas jip namun mengalami modifikasi bodi tahan peluru maka kendaraan tersebut bisa diklasifikasikan sebagai armored vehicle Alhasil bila dijabarkan jenisnya akan lebih beragam. Kehadiran kekuatan udara, salah satu elemen pemberangus kekuatan darat tak membuat unsur lapis baja menjadi mesin perang kuno.

Terbukti ketika tren pertempuran saat ini bergeser ke arah pertempuran sporadis berintensitas rendah seperti di Irak dan Afghanistan, elemen lapis baja tetap pegang peran penting. Secara teknis tank, dalam hal ini MBT (Main Battle Tank) tetap digunakan sebagai elemen pendobrak. Sementara infanteri mekanis dengan kendaraan lapis baja angkut personel (APC – Armored Personnel Carrier) dipakai untuk penguasaan suatu wilayah yang telah direbut sekaligus melind¬ungi pergerakan tank dan kemungkinan serangan satuan antilapis baja lawan.

Berbekal segala keunikan dan kehebatan yang dimiliki kendaraan lapis baja sebagai mesin perang darat, maka tak salah kalau COMMANDO dalam edisi War Machine Series kali ini mengulas tentang sejumlah tipe kendaraan lapis baja, termasuk di dalamnya tank. Judul yang cukup umum yaitu Armored Vehicles sengaja dipilih agar sejumlah tipe kendaraan di luar tank bisa ditampilkan.

Soal isi pada awal bagian sengaja dikupas gelar kekuatan lapis baja AD Malaysia. Sebagai pengimbang pada bagian tersendiri turut dikupas kiprah tank ringan AMX-13 yang telah diperbaharui AD Singapura lengkap dengan info ke-beradaan MBT di negeri itu. Selanjutnya dijabarkan sejumlah tank lain macam Panzerkampfwagen III yang menjadi tulang punggung Jerman saat menggelar serbuan kilat ke Eropa, Sherman Firefly sebagai varian tank legendaris Sherman paling kuat, sampai kendaraan lapis baja dua zaman Rolls-Royce. Mewakili mesin perang modern, ada dua MBT yang diadu. Masing-masing T-80 dari Rusia dan modifikasi Challenger 2 milik Inggris di Irak. Tak ketinggalan pula paparan mengenai tank pengusung meriam Bofors M19 serta Super M 48 mewakili spe¬sies unik dari kendaraan lapis baja yang jarang terdengar.

Seperti sebelumnya, bisa dipastikan setiap jenis kendaraan dikemas dalam tulisan yang mudah dicerna, dilengkapi foto-foto fantastis, lusinan ilustrasi berwarna, serta cutaway. Selamat menikmati sajian edisi special COMMANDO ini. Kami jamin Anda puas.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: