D-DAY, 6 Juni 1944, Puncak Pertempuran PD II


D-DAY adalah cerita epik manusia pada suatu momen yang paling menyita tenaga mental, dan pikiran dalam hidup mereka, ketika kengerian dan ketakutan, keruwetan dan kerumitan, serta kemenangan dan kejayaan kehidupan ‘tergolek” dengan nyata. Sejarawan ternama Stephen E Ambrose melukiskan “wajah-wajah” keberanian dan heroisme, ketakutan, dan keteguhan tekad apa yang disebut Eisenhower dengan “Kemarahan / kegeraman Arus Dernokrasi yang sedang bergerak/tumbuh” — yang membentuk kejayaan tentara sukarela yang diremehkan oleh Hitler.

Ambrose, yang mengadakan lebih dan 1.400 hasil wawancara dengan Veteran Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, dan Jerman mengungkapkan bagaimana rencana-rencana awal untuk melakukan invasi harus ditinggalkan, dan bagaimana para tamtama dan para perwira junior bertidak dengan inisiatif sendiri ketika mereka sadar bahwa apa yang mereka (para petinggi militer) katakan ternyata sama sekali tidak seperti apa yang akan terjadi.

Aksi itu dimulai pada tengah malam, 5 Juni, ketika pasukan lintas udara Inggris dan Amerika melakukan penerjunan di Perancis. Invasi itu berakhir pada tengah malam, 6 Juni. Memfokuskan pada dua puluh empat jam yang demikian penting, yang melibatkan Panglima Tertinggi sampai seorang anak kecil Perancis, dan Jenderal Omar Bradley sampai seorang anggota pasukan payung Amerika, dan Panglima Perang Montgomery sampai seorang sersan Jerman.

D-DAY adalah sejaranh yang nyata, yang merupakan salah satu hari bversejarah kita yang sangat penting.

————————————————————————————

STEPHEN E. AMBROSE telah menulis lebih dari dua puluh-lima karya sejarah, termasuk diantaranya Undaunted Courage, Citizen Soldiers, Nothing Like It in the World, Band of Brothers, and To America demikian juga beberapa volume biografi Presiden Eisenhower dan Nixon. Dia pendiri Eisenhower Center, direktur The National D-Day Museum di New Orleans dan penerima National Humanities Award pada tahun 1999, juga penerima the Distinguished Civilian Service Medal dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 2000. Beliau meninggal pada Oktober 2002.

Selain D-DAY, Yayasan Obor Indonesia telah menerbitkan 2 (dua) buku Ambrose dalam bahasa Indonesia

One Response to D-DAY, 6 Juni 1944, Puncak Pertempuran PD II

  1. Edwin Hardi says:

    bisa beli dimana buku ini……..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: