10 Teror Terbesar


Angkasa Edisi Koleksi No.60/Agustus 2009

Angkasa Edisi Koleksi No.60/Agustus 2009

Serbuan Densus 88 ke rumah M Djahri di Dusun Beji, Temanggung, dinilai berlebihan. Berbagai kalangan mengeritik mereka terlalu umbar peluru untuk seorang teroris sekelas Ibrahim. Kritik ini pun sebenarnya terlalu berlebihan karena memburu teroris tidak lah muclah. Dings intelijen sekaliber CIA bahkan telah berkali-kali salah tatkala ingin membungkam Osama bin Laden. Tak lama setelah serangan bom ke Kbdubes AS di Nairobi don Darusalam (1998), mereka meluncurkan 70 rucl[al Tomahawk ke Khost, Afghanistan dan 13 rudal ke Sudan. Rudal jutaan dollar itu menewaskan 20 warga sipil. Osama lolos!

Lewat Edisi Koleksi Angkasa kali ini; kami mengajak Anda melihat 10 teror paling mematikan-di dunia. Beberapa di antaranya dilakukan kelompok radikal yang terinspirasi perjuangan Osama bin Laden. setelah berhasil mengebom AS lewat serangan 9/11, tak oyal pemimpin Al Qaeda ini memang menjadi musuh nomor satu AS. Yang menakutkan dari serangan‑serangan teroris saat ini, adalah bahwa pelakunya tak takut mati dan meyakininya sesuai dengan ajoran agama. Dalam serangan di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton, Jakarta, pelakunya bahkan menganggap dirinya sebagai pengantin dari bidadari yang akan ditemuinya di surga.

Komunitas internasional telah menaruh perhatian pads tindakan teror sejak 1937. Dan, pads 1993, The Vienna Declaration dari Konferensi HAM Dunia resmi menyatakan, bahwa tindakan terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan. Pelaku biasanya adalah seorang radikal. Dori rekam jejak pelaku yang tertangkap, diketahui bahwa radikalisme bisa muncul akibat pemahaman agama yang salah menurut konteks zomannya. Salah satunya adalah tentang jihad. Namun, untuk menjadi seorang teroris, seseorang harus lebih dulu menjalani proses cuci otak. Proses ini telah direncanakan sangat rapi oleh seseorang yang ditokohkan atau berkharisma.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: