UAV (Unmanned Aerial Vehicle)


Pemburu Sakti Tak Berawak

Angkasa Edisi Koleksi No. LVIII 2009

Angkasa Edisi Koleksi No. LVIII 2009

“Predator telah jadi ancaman yang bisa menyerang dadakan dari arah tak terduga. Musuh bisa saja lari, tetapi tak akan bisa bersembunyi darinya.” (Daniel Muvena, pakar terorisme, Pusat Studi Kontra-Intelijen dan Keamanan, AS, mengutip Associated Press, 5/11/02)

Kata-kata Daniel Muvena mungkin hanya sekadar psy-war. Untuk menekan dan mengancam para teroris, yang kini menjadi musuh utama AS. Agar tak mengusik lagi kesabaran Sang Digdaya. Tapi faktanya, UAV masa kini memang telah berkembang jadi robot terminal super mengerikan. Ia bisa tiba-tiba menyeruak dari balik awan lalu memuntahkan peluru yang mematikan. Apalagi karena masa elangnya sanggup mengenali wajah manusia dari ketinggian delapan kilometer!

Unmanned Aerial Vehicle (Pemburu Sakti Tak Berawak)

Unmanned Aerial Vehicle (Pemburu Sakti Tak Berawak)

Padahal, semula, Predator hanyalah pengintai biasa, seperti UAV lainnya. Terbang tinggi memotret obyek-obyek strategic lalu menyetornya ke stasiun Bumi. Ini artinya, sebuah teknologi revolusioner kembali dicuatkan menuju era peperangan model baru. Kini, Predator hanya mengusung rudal penjebol tank Hellfire (Api Neraka). Apa jadinya, jika kelak AS benar-benar akan menggeser 80% pesawat tempurnya dengan pesawat tak berawak jenis ini?

Lewat Edisi Koleksi “Unmanned Aerial Vehicle: Pemburu Sakti Tak Berawak” ini, secara. khusus Anda akan kami ajak mengikuti jejak-jejak perancangan UAV. Setelah itu, fokus akan dialihkan ke temuan-temuan baru apa saja yang memungkinkan pesawat ini kian jeli dan kian letal. Namun demikian, jangan lah terlalu khawatir. Karena, walau bagaimana, sang robot masih tetap bisa dikirim untuk misi-misi damai. Simak habis edisi kah ini. Maka, Anda akan mengenal seluruh sisi dari pesawat-pesawat tak berawak ini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: