60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki


Edisi Koleksi Angkasa XXVI

Edisi Koleksi Angkasa XXVI

“…Apabila sinar dari seribu Matahari serentak memecah ke langit, maka seperti itulah kemegahan Sang Perkasa Tunggal. …Aku adalah Kematian, Penghancur Alam Semesta.” (Tentang ledakan atom, Dr J. Robert Oppenheimer mengutip kitab Bhagavad Gita)

Senin, 6 Agustus.1945 dan Kamis, 9 Agustus pada tahun yang sama, adalah dua hari yang tak akan terlupakan bagi warga Jepang. Pada hari itu AS menjatuhkan bom atom di atas Hiroshima & Nagasaki, dan dalam sekejap berhentilah kebrutalan negeri ini di wilayah Asia dan Pasifik. Ledakan Little Boy dan Fat Man menewaskan seketika seratus ribu jiwa, dan menyiksa ratusan ribu jiwa lainnya akibat efek radioaktif yang merasuk ke dalam tubuh.

Sejarah mencatat, inilah pemusnahan massal pertama. Dan, inilah pula ikon perang massa datang jika lomba senjata nuklir tak juga dihentikan. Pemahaman terhadap benda terkecil namun mematikan ini dimulai lewat penelitian Albert Einstein (1905), Ernst Rutherford (1911), dan Niels Bohr (1913). Sementara sebagai bom, dunia mengenalnya lewat proyek berkode Manhattan Project Atas perintah Presiders AS Frank D. Roosevelt, proyek rahasia senilai dua miliar dollar ini sengaja diupayakan untuk mengakhiri Perang Dunia II sekaligus Perang Pasifik.

Agustus ini, petaka tersebut genap 60 tahun. Berbagai kisah mass lalu tak ayal seperti terngiang kembali. Tentang bagaimana AS sampai memutuskan membuat lalu menjatuhkan di kedua kota. Tentang kontroversi pengeboman, faktor Jerman, dan cerita spionase yang terjalin di dalamnya. Juga tentang terobosan teknologi, konsekuensi lomba senjata, dan kegundahan ilmuwan yang terlibat. Untuk Anda, semua itu sears khusus kami sajikan kompak dalam Edisi Koleksi Angkasa “60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki’ ini.

Ilustrasi Pemboman Kota Nagasaki & Herosima

Ilustrasi Pemboman Kota Nagasaki & Herosima

3 Responses to 60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki

  1. […] 60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki […]

  2. […] 60 Tahun Pengeboman Hiroshima & Nagasaki […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: